Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Optimalkan Kinerja Anggaran, KPKNL Tegal Lakukan Penyelarasan Capaian Output dengan Penyerapan Anggaran
Prasodjo Mulyo Pamudji
Kamis, 10 Februari 2022   |   112 kali

Tegal - Jumat (04/02/2022) KPKNL Tegal mengadakan rapat membahas Optimalisasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 melalui zoom meetings. Kegiatan ini diikuti oleh para Kepala Seksi/Sub Bagian, Pejabat Fungsional Pelelang dan Penilai serta para pegawai terkait yang menangani penganggaran.

Dalam pemaparannya, Aris Purwanto Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Tegal menyampaikan beberapa hal, diantaranya mengenai pencapaian target output dan anggaran dari  Program Pengelolaan Perbendaharaan Kekayaan Negara dan Resiko meliputi kegiatan komunikasi, edukasi dan standartisasi, pengelolaan aset, dan pemantauan evaluasi serta program dukungan manajemen meliputi kegiatan legislasi dan litigasi, layanan umum, komunikasi publik dan pengawasan internal.

Setelah dilakukan pemaparan oleh Kepala Subbag Umum, dilanjutkan diskusi dengan peserta rapat bagaimana masing-masing Seksi/Subbagian dapat mengoptimalkan kinerja pelaksanaan anggarannya di  tahun 2022. Hasil diskusi dari peserta rapat, dapat disepakati  mengenai rencana kinerja penganggaran tahun 2022.                     

Kesepakatan-kesepakatan yang diperoleh yaitu, yang pertama  agar masing-masing Seksi/Subbagian Umum menyusun rencana kerja berdasarkan rencana penarikan dana yang dari awal sudah tercantum dalam halaman III DIPA. Yang kedua, masing-masing Seksi/Subbagian kemudian mengusulkan revisi / perubahan rencana penarikan dana apabila terdapat perubahan rencana kerja sesuai jadwal dengan memperhatikan minimal penyerapan anggaran sesuai target. Yang ketiga untuk kegiatan kehumasan, agar dilakukan kolaborasi dengan Seksi-Seksi teknis terkait kegiatan Kepala Kantor dengan para stakeholder dan pengguna layanan. Dan yang keempat, untuk kegiatan pemantauan internal agar dilakukan sinergi dengan Seksi-Seksi teknis terkait pemantauan kegiatan di lapangan

Dari hasil rapat ini diharapkan adanya penyelarasan antara capaian output sesuai dengan tingkat penyerapan anggaran KPKNL Tegal sehingga tidak menimbulkan gap yang terlalu tinggi, yang berdampak pada IKU Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2022. (Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini