Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Artikel
Mengembangkan Mindset Positif
Sri Supangati
Kamis, 18 November 2021   |   11305 kali


Belum lama ini Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Rionald Silaban melakukan kunjungan kerja ke beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, salah satu yang dikunjungi adalah KPKNL Tegal. Suatu kehormatan dan keistimewaan tersendiri Dirjen KN berkenan berkunjung ke Kota Bahari yang cukup panas karena berada di pesisir pantai Utara Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya di waktu yang sangat terbatas, Dirjen KN memberikan wejangan kepada seluruh punggawa KPKNL Tegal. Wejangan berupa pengalaman hidup dan motivasi yang disampaikan dalam suasana santai dan cair tersebut  membuat semangat kerja para punggawa KPKNL Tegal ter-upgrade. Dirjen KN menyampaikan bahwa sebuah organisasi dalam hal ini adalah DJKN ibarat kumpulan perangkat-perangkat dalam komputer.

Seorang pegawai selayaknya sebuah sistem komputer yang terdiri dari komponen-komponen. Untuk dapat bermanfaat secara maksimal dan optimal, sebuah komputer dipengaruhi oleh berbagai komponen pembentuknya atau sistem komputer. Sistem operasi atau Operating System (OS) merupakan salah satu komponen utama dari sebuah sistem komputer. Komponen komputer lainnya ialah perangkat keras, perangkat lunak aplikasi, dan perangkat-perangkat lainnya yang menunjang sistem komputer. Secara umum OS adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai, sehingga memudahkan dan memberi kenyamanan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Hardware atau perangkat keras merupakan penyedia sumber daya untuk komputasi. Perangkat keras merupakan benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. Software atau perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan perangkat keras apa yang harus dikerjakannya, yang merupakan benda abstrak yang hanya dapat dilihat dari sudut apa yang dilakukannya terhadap perangkat keras. Brainware atau pengguna komputer yang dimaksud di sini dapat berupa manusia, program aplikasi lain, atau pun komputer lain.

Jika hardware dari seorang pegawai adalah fisiknya, maka dijaga agar komponen itu selalu berada dalam kondisi terbaik. Caranya tentu saja menjaga kesehatan dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga teratur. Sedangkan software dari seorang pegawai adalah kecerdasan dan tingkat pendidikan. Untuk mencapai kondisi terbaik dari  komponen ini, tentu saja seorang pegawai harus senantiasa meng-upgrade pengetahuan dan wawasannya.

Nah, bagian terpenting dari sebuah komputer adalah OS. OS adalah perangkat lunak yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait (American National Standart Institute-ANSI). Sistem Operasi merupakan resources manager (pengelola sumber daya) yang berperan untuk mengatur, mengorganisasikan, mengoperasikan secara keseluruhan bagian sistem yang komplek.

OS seorang pegawai menurut Dirjen KN adalah pola pikir (mindset). Mindset kitalah yang mempengaruhi kerja dari seluruh komponen-komponen lainnya. Bahkan menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang.

Seorang pegawai yang hardware dan software nya sangat bagus, jika tidak didukung dengan mindset yang baik akan menjadikannya tidak mencapai hasil maksimal dan optimal. Pada akhirnya akan merugikan organisasi, karena visi dan misi menjadi tidak tercapai dengan baik. Sebenarnya apa itu mindset?

Mindset adalah sekumpulan kepercayaan atau pemikiran yang membentuk bagaimana seseorang melihat dunia dan diri sendiri. Mindset juga merupakan cara berpikir seseorang yang nantinya akan mempengaruhi perilaku dalam hidupnya dan itu bisa berupa hal negative maupun positif.

Pernahkah kita berpikir untuk terus maju dan mengembangkan kesuksesan  meskipun banyak rintangan?

Itu namanya mindset positif yang kita gunakan. Jika menggunakan mindset atau pemikiran yang negatif, bukan kemajuan yang diinginkan tapi keputusasaan dan berhenti pada titik tertentu yang masih jauh dari harapan. Jika ingin mengembangkan mindset positif, jangan hanya berangan-angan saja namun pilihlah angan-angan positif untuk diwujudkan.

Ketika mengembangkan mindset positif, maka kita akan dapatkan kekuatan yang sangat luar biasa. Kekuatan berpikir positif kita adalah dorongan moril yang kita perlukan untuk kesuksesan. Jika ingin sukses, tanamkan mindset  positif.

Berikut beberapa cara mengembangkan dan menjaga mindset positif pada diri kita:

1.     Selalu bersyukur

Jika mengalami kegagalan, jangan mengambil keputusan untuk menghukum diri sendiri atau menyalahkan Tuhan. Bersyukurlah dengan kegagalan dan jadikan kegagalan itu untuk menjemput kesuksesan. Dengan bersyukur kita akan terhindar dari putus asa dan bisa berpikir lebih positif lagi. Mindset positif akan mengubah kegagalan menjadi kesuksesan, dan setelah sukses tetaplah bersyukur untuk meraih kesuksesan yang lain.

 

2.    Pikirkan hari ini dan esok

Jika kita terus menerus berpikir hari kemarin, itu sama saja menunda keberhasilan kita sendiri. Kenapa kita berpikir yang kemarin padahal hari ini dan esok  bisa berkarya lebih baik lagi. Dengan memikirkan hari ini dan esok yang lebih baik lagi, mindset positif kitalah yang mendorong kesuksesan tersebut. Tinggalkan hari kemarin dan pikirkan hari ini kemudian esok, maka anda akan sukses.

 

3.     Selalu tersenyum

Senyum itu sangat murah tapi begitu berarti untuk mengembangkan mindset positif. Kala senyum dilakukan, pikiran juga terbuka untuk lebih baik lagi. Tersenyum ketika ada masalah dan ketika bangun pagi sangat baik untuk membangun pikiran positif seseorang.

 

4.     Hilangkan rasa takut

Jika kita terus takut untuk melangkah, kapan akan mencapai garis finish, garis kesuksesan yang kita inginkan? Hilangkanlah rasa takut pada diri sendiri dan mindset positif akan terbuka.

 

5.     Akui kesalahan

Jika kita mengakui kesalahan maka kita akan berpikir lebih positif untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut. Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, namun cara kita menyikapilah yang terpenting.

 

6.     Berpikir kitalah pemenangnya

Jika ingin mengembangkan mindset positif, berpikirlah kita akan memenangkan kehidupan kita. Lakukan yang terbaik, pasti kita akan mendapatkan nilai lebih dari apa yang kita pikirkan.


(Sri Supangati, pegawai KPKNL Tegal/Dari berbagai sumber)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini