Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Rencana Kerjasama Pemanfaatan BMD Pemda Nunukan dengan Kyudenko Corporation
Tiara Risti Lavenda
Rabu, 02 Agustus 2023   |   138 kali

Pada selasa 1 Agustus 2023, KPKNL Tarakan mendapatkan kunjungan dari Kyudenko Corporation, salah satu perusahaan Solar Panel di Jepang yang juga concern terhadap bisnis energi baru terbarukan (Renewable Energy).

Rombongan yang berjumlah sebanyak lima  orang tersebut dipimpin oleh Mr. Kengo Shinomiya, General Manager Renewable Energy Business Team International Kyudenko Corporation  yang berkedudukan di Fukuoka, Jepang.

Rombongan diterima oleh Kepala KPKNL Tarakan, Doni Prabudi, beserta Kepala Seksi PKN dan para Penilai Pemerintah KPKNL Tarakan.

Dalam sambutannya, Doni menyambut baik dan menyampaikan antusiasnya atas kedatangan rombongan Kyudenko dari Jepang yang melakukan koordinasi dan konsultasi terkait rencana pembangunan pembangkit listrik berbasis teknologi hijau di Kalimantan Utara.

Kengo Shinomiya menyampaikan Kyudenko Corporation dengan dukungan dari JICA (Japan International Corporation Agency) merencanakan untuk membangun demo riset Sistem Manajemen Energi pembangkit listrik dengan pola hybrid antara penggunaan tenaga biomass dan tenaga surya sehingga pembangkit listrik tersebut 100 persen menggunakan bahan energi baru terbarukan. Setelah demo pembangkit listrik tersebut berjalan dengan baik dan terbukti bisa menghasilkan zero emisi direncanakan proyek tersebut akan dihibahkan ke Indonesia.  Kyudenko juga telah melakukan survei di Nunukan dan Sebatik paad lahan yang merupakan Barang Milik Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan terkait dengan rencana lokasi pembangunan demo pembangkit listrik tersebut.

Diskusi dan tanya jawab menjadi agenda dalam pertemuan tersebut antara lain terkait dengan mekanisme pemanfaatan aset negara melalui skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dan tahapan penilaian atas pemanfaatan BMD tersebut, yang akan didukung oleh KPKNL Tarakan.

 

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini