Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Sinergi KPPN Tarakan dan KPKNL Tarakan dalam Pelaksanaan Anggaran 2019
Ani Rejeki
Senin, 04 Maret 2019   |   238 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan menerima kunjungan kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tarakan  dalam rangka rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun anggaran 2019. Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan di Ultra CafĂ© KPKNL Tarakan pada Kamis, 28 Februari 2019 pukul 14.00 WITA. Sebagai narasumber, Benny Imantria, pelaksana seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satuan Kerja  (PDMS) KPPN Tarakan. Sedangkan dari KPKNL Tarakan dihadiri oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar  (PPSPM), dan operator aplikasi SAKTI. Kunjungan kerja dibuka oleh Pejabat PPK KPKNL Tarakan Khanifudin. Kemudian dilanjutkan pemaparan narasumber KPPN Tarakan.

Benny Imantria menyampaikan pemaparan proses pelaksanaan Anggaran dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun Anggaran (TA) 2019. Pemaparan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait standar operasional pelaksanaan anggaran pada satuan kerja, baik pelaksanaan kegiatan dengan tagihan langsung maupun uang persediaan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan IKPA TA 2019 oleh narasumber. Tahun 2019 terdapat tiga belas indikator yang digunakan dalam penilaian IKPA TA 2019. Jumlah indikator IKPA TA 2019 mengalami perubahan termasuk dalam bobot nilai IKPA TA 2019 dibanding IKPA TA 2018. Beberapa IKPA yang menjadi penilaian adalah LPJ Bendahara, data kontrak, dan revisi dipa. Menurut Benny, hal ini hendaknya menjadi perhatian satker khususnya KPKNL Tarakan dalam pelaksanaan anggaran.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan diskusi antara KPKNL Tarakan dan KPPN Tarakan. Diskusi yang berlangsung membahas karakteristik anggaran di KPKNL Tarakan dan  strategi pelaksanaan anggaran terkait bobot IKPA TA 2019 agar dapat terpenuhi sesuai standar operasional yang telah ditetapkan. Diskusi ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara KPPN Tarakan dan KPKNL Tarakan dalam pelaksanaan anggaran. Sehingga pada pelaksanaan anggaran TA 2019 dan seterusnya, KPKNL Tarakan melaksanakan anggaran dengan optimal sesuai ketentuan.    

(Teks: Syaila Anya Tanaya, Foto: Rini Rosfitasari dan Editor: Ani Rejeki)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini