Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
“Uang Sendiri Itu adalah Tanda Kemerdekaan Negara”
Laksono Mustiko Aji
Selasa, 30 Oktober 2018   |   455 kali

Tarakan – “Besok tanggal 30 Oktober 1946 adalah suatu hari yang mengandung sejarah bagi tanah air kita. Rakyat kita menghadapi penghidupan baru. Besok mulai beredar Oeang Republik Indonesia sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah. Mulai pukul 12 tengah malam nanti, uang Jepang yang selama ini beredar sebagai uang yang sah, tidak laku lagi. Beserta uang Jepang itu ikut pula tidak laku uang Javasche Bank. Dengan ini, tutuplah suatu masa dalam sejarah keuangan Republik Indonesia. Masa yang penuh dengan penderitaan dan kesukaran bagi rakyat kita. Uang sendiri itu adalah tanda kemerdekaan Negara” Wakil Presiden Mohammad Hatta pada pidatonya 29 Oktober 1946 melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta. Pidato tersebut seharusnya dapat menjadi refleksi bagi setiap pegawai kementerian keuangan agar selalu bekerja keras serta ikhlas mengelola dan mengamankan keuangan juga kekayaan negara karena demi menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Sejak saat itulah Indonesia mampu menerbitkan mata uang sendiri sehingga tanggal 30 Oktober diperingati sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) setiap tahunnya.

Tahun ini adalah tahun ke-72 Indonesia mempunyai mata uang sendiri. Untuk memperingatinya, seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Kota Tarakan menyelenggarakan berbagai lomba antar kantor di bawah Kementerian Keuangan. Lomba tersebut diadakan dengan tujuan untuk membangun sinergi antar jajaran pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Lomba yang dilaksanakan antara lain lomba futsal, bola voli, badminton, tenis meja, tenis lapangan, catur, gaple, dan karaoke. KPKNL Tarakan, sebagai salah satu kantor vertikal di lingkungan Kementerian Keuangan, juga turut berpartisipasi dalam lomba-lomba itu. Tak hanya ikut meramaikan, KPKNL Tarakan bahkan mampu menyabet gelar Juara Umum dengan perolehan 2 medali emas yang berasal dari cabang lomba badminton dan karaoke, serta 1 medali perunggu yang diperoleh dari cabang lomba tenis meja.

Rangkaian peringatan HORI diakhiri dengan upacara bendera pada Selasa (30/10). Upacara tersebut sekaligus menjadi upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018 yang lalu. Seluruh pegawai yang hadir di lapangan upacara KPP Pratama Tarakan dengan mengenakan baju putih dengan bawahan hitam serta pita hitam tersemat di lengan kiri sebagai tanda duka atas terjadinya musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 yang mana dalam pesawat tersebut terdapat 21 pegawai Kementerian Keuangan yang sedang menuju tempat tugas untuk berbakti bagi negeri.

Dalam prosesi upacara, inspektur upacara membacakan pula sambutan Menteri Keuangan pada Peringatan Hari Oeang ke-72. Pada sambutan tersebut, Menteri Keuangan juga mengapresiasi hasil kerja keras para pegawai Kementerian Keuangan yang dapat dilihat pada capaian realisasi penerimaan pendapatan negara dan hibah telah mencapai 69,26 persen sampai dengan akhir Triwulan III 2018 dari target yang ditetapkan. Adapun penerimaan perpajakan telah mencapai 63,32 persen dari target yang ditetapkan pada APBN 2018. Berdasarkan pola pertumbuhannya (year-on-year) realisasi penerimaan perpajakan hingga akhir Agustus 2018 tumbuh sebesar 16,87 persen. Di bidang kekayaan negara, dalam hal ini DJKN, juga diapresiasi atas selesainya penilaian kembali aset negara. Total Barang Milik Negara yang diperoleh sampai dengan tanggal 12 Oktober 2018 mencapai Rp 5.728 triliun, atau mengalami kenaikan sebesar 272,42 persen dalam 10 tahun.

Sebagai penutup upacara, tak lupa pembaca doa membimbing para peserta upacara untuk mendoakan korban-korban bencana yang terjadi pada beberapa bulan terakhir seperti gempa di Nusa Tenggara Barat, gempa di Sulawesi Tengah, dan jatuhnya pesawat Lion Air tempo hari.

(Teks: Laksono Mustiko Aji, Editor: Ani Rejeki, Foto: Laksono Mustiko Aji/Wone Subhanayati)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini