Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Berbagi Ilmu di Utara Borneo
Laksono Mustiko Aji
Senin, 22 Oktober 2018   |   292 kali

Tarakan – Pegawai Kementerian Keuangan di Kota Tarakan turut berpartisipasi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 3 pada Senin (22/10) di SD Negeri 012 Tarakan sebagai realawan. Para relawan terdiri dari pengajar, panitia, dan dokumentator. Kegiatan Kemenkeu Mengajar 3 ini bertujuan untuk mengenalkan peranan Kementerian Keuangan pada masyarakat sejak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 174 sekolah dasar pada 69 kota di seluruh Indonesia. Kemenkeu Mengajar sendiri merupakan sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah dasar. Para relawan pengajar akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang ada dibawa oleh Kementerian Keuangan. Kantor Pelayanan Keuangan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan juga ikut serta mengirimkan relawannya untuk menjadi pengajar, panitia, maupun dokumentator di Kemenkeu Mengajar 3 ini.

Kemenkeu Mengajar Tarakan digelar di salah satu SD unggulan di Tarakan yang berlokasi di Gunung Lingkas, Tarakan. Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan M. Ilham Nor. “Semoga pelaksanaan Kemenkeu Mengajar di SDN 012 Tarakan dapat terlaksana dengan sukses sesuai rencana sehingga mampu memberikan atau menambah wawasan serta informasi bagi peserta didik kami di sini tentang Kementerian Keuangan”, ungkap Ilham dalam sambutannya. Acara dilanjutkan dengan kegiatan inti, yaitu proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh para relawan pengajar.

Sebanyak 9 orang pegawai KPKNL Tarakan turut serta bergabung menjadi relawan pengajar selain dari pegawai Kementerian Keuangan lainnya seperti KPPBC, KPP, maupun KPPN. Berbagai metode pembelajaran dipakai relawan pengajar dalam menyampaikan materi yang telah disiapkan. Mulai dari video motivasi, permainan puzzle hingga tebak harga barang pun menjadi media dalam penyampaian materi. Proses pembelajaran dilaksanakan hingga pukul 11.00 WITA dengan diselingi jeda istirahat pukul 09.30 – 10.00 WITA. Diakhir acara, siswi SDN 012 Tarakan menampilkan kesenian sebagai hiburan bagi para relawan kemudian dilanjutkan dengan pemberian plakat kenang-kenangan oleh koordinator Kemenkeu Mengajar Tarakan Firda Septia Izza Tillah yang merupakan pegawai KPKNL Tarakan kepada Kepala SDN 012 Tarakan Iskandar Muda.

Dalam menyelenggarakan kegiatan Kemenkeu Mengajar ini, panitia tidak memungut biaya apapun pada sekolah. Pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar juga tidak akan mendapatkan pembayaran, baik honor maupun SPD. Biaya yang ditimbulkan atas penyelenggaran kegiatan ini tidak dibebankan pada APBN (Non-APBN). Semua itu hanya memiliki satu tujuan akhir, yaitu menciptakan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik. (LMA)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini