Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
Penyamaan Persepsi Pengelola dan Pengguna
N/a
Jum'at, 21 November 2014   |   3855 kali

Serpong - Menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor : S-864/MK.1/2014 tanggal 12 November 2014 supaya setiap satker mengutamakan penggunaan fasilitas dan ruang rapat yang tersedia di kantor Kemenkeu dalam melaksanakan kegiatan / sosialisasi, maka pada tanggal 17 s.d 18 November 2014, KPKNL Serpong mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan  Menteri Keuangan Terkait Pengelolaan Barang Milik Negara bertempat di Aula Kantor Baru KPKNL Serpong, Jl. TMP Taruna, Kota Tangerang. 

Mutasi pegawai baik internal maupun eksternal yang selalu ada di hampir setiap instansi menjadi salah satu alasan KPKNL Serpong mengadakan kegiatan ini. Karena imbas dari mutasi tersebut adalah  operator/pegawai yang menangani barang milik negara di tiap satker selalu berganti – ganti sehingga kerap terjadi perbedaan pemahaman antara Pengelola Barang dan Pengguna Barang.

Sigit, Kepala KPKNL Serpong dalam sambutannya memaparkan acara ini dilaksanakan agar terjadi kesepahaman atau untuk menghindari asimetri informasi antara Pengelola Barang dan Pengguna Barang. Dengan demikian perlu ditingkatkan sinergi serta penyamaan persepsi dalam mengelola BMN yang lebih baik, tertib, transparan, dan akuntabel.

Dalam acara sosialisasi ini dipaparkan tentang Peraturan Menteri Keuangan yang terkait pengelolaan barang milik negara yaitu Nomor  150/PMK.06/2014 tentang Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara dan Nomor 244/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara yang dibawakan oleh Anggun Prihatmono, Kasie PKN KPKNL Serpong dan Tb. Abdurahman, Kasie PKN III Bidang PKN Kanwil DJKN Banten.

Melalui sosialisasi ini diharapkan memperoleh hasil berupa kesamaan langkah dalam pemindahtanganan BMN melalui penjualan secara lelang. Penjualan BMN harus memenuhi persyaratan teknis dan persyaratan ekonomis pemindahtanganan. Penggunaan dan pemeliharaan BMN yang tepat biasanya akan menghasilkan nilai BMN yang tinggi, yang membawa dampak positif dalam hal penjualan lelang. Dalam acara ini juga dibahas tentang Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak melalui Penjualan Barang Milik Negara dengan Cara Lelang yang dibawakan oleh Margono DS, Kasie Pelayanan Lelang dan Muliawaty Andayani, Kasie Pelayanan Penilaian.

Acara sosialisasi diakhiri dengan pembekalan atas hal – hal yang perlu dipersiapkan oleh satker untuk rekonsiliasi  semester II dan tahunan tahun 2014 yang dibawakan oleh Nurcahyo Hari Purnomo, staf PKN. Keseluruhan acara berlangsung lancar dan mendapat tanggapan positif dari satker di lingkungan KPKNL Serpong. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kehadiran yang mencapai 95% dari undangan yang disebar dan banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab berlangsung. (Agustin R/HI KPKNL Serpong)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini