Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
SINERGI KPKNL SERPONG DENGAN BPJS CABANG TANGERANG UNTUK OPTIMALISASI PENGURUSAN PIUTANG NEGARA
Eka Novianti
Kamis, 04 Mei 2017   |   158 kali

Tangerang Selatan – Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada mitra pengguna jasa, KPKNL Serpong kembali mengundang stakeholder untuk berkoordinasi guna terwujudnya sinergi dalam pelayanan pengurusan piutang Negara. Kali ini KPKNL Serpong mengundang BPJS  sebagai salah satu penyerah piutang, yang dalam kurun waktu terakhir cukup aktif menyerahkan pengurusan piutangnya ke KPKNL Serpong. Koordinasi yang dilakukan pada hari Rabu, 19 April 2017 dan berlangsung di Ruang Rapat KPKNL Serpong, dihadiri oleh  BPJS Cabang Tangerang Cikupa dan BPJS Cabang Tangerang BSD.

Kepala KPKNL Serpong, Sri Handayani menyampaikan bahwa pada tahun 2016, KPKNL Serpong telah menerima penyerahan pengurusan Piutang Negara yang berawal dari BPJS sejumlah 11 (sebelas) debitur, dengan nilai penyerahan sebesar Rp 881.456.697,00. Sedangkan pada tahun 2017, KPKNL Serpong kembali menerima penyerahan pengurusan Piutang Negara  sejumlah 32 (tiga puluh dua) debitur, dengan nilai penyerahan sebesar Rp 5.941.159.734,00. Dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, KPKNL Serpong telah berhasil melakukan penagihan, sehingga 4 (empat) debitur telah melunasi hutangnya. Untuk menindaklanjuti pengurusan piutang debitur lainnya, Sri berharap agar BPJS ikut berperan aktif dalam membantu KPKNL Serpong melaksanakan tugas pengurusan piutang. Peran aktif tersebut antara lain adalah dengan memberikan kelengkapan data terutama untuk debitur berbentuk perusahaan. Selain itu, perlunya BPJS memberikan pemahaman kepada debitur agar mengetahui kewajibannya bahwa setelah pengurusan piutangnya diserahkan ke KPKNL, maka dikenakan tambahan Biaya Administrasi.  

Dalam rapat koordinasi tersebut, dipaparkan juga mengenai alur pengurusan piutang Negara, yang ditindaklanjuti dengan diskusi mengenai mekanisme dan lika liku dari setiap tahapan pengurusan piutang Negara. Acara yang berlangsung serius namun santai tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa sinergi yang baik dari pihak BPJS dan KPKNL Serpong akan terus dilakukan dan ditingkatkan guna memperlancar proses pengurusan piutang Negara.

 

 (Teks : Team HI, Photo: Sobarudin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini