Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta > Berita
Tak Hanya Sekedar Seremoni, ZI WBK/WBBM Harus Berdampak pada Peningkatan Pelayanan Publik
Wisnu Herjuna
Rabu, 02 Maret 2022   |   138 kali

Surakarta - “Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM tidak hanya sebatas seremoni demi meraih predikat, namun harus diimplementasikan dengan baik dalam pelayanan kepada masyarakarat,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dedy Syarif Usman  dalam Kick Off Metting Tim Pendampingan dan Asistensi Pembangunan ZI-WBK/WBBM di Lingkungan DJKN Tahun 2022. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 02 Maret 2022 secara daring ini dihadiri oleh 42 perwakilan dari kantor di Lingkungan DJKN yang diajukan untuk mengikuti penilaian Zona Integritas WBK/WBBM tahun 2022, termasuk di dalamnya KPKNL Surakarta. Pada tahun 2022 ini KPKNL Surakarta tengah berjuang melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM), setelah pada penilaian tahun 2021 belum berhasil meraih predikat ZI-WBBM. 

Dedy Syarif Usman menyatakan bahwa DJKN terus mendukung rencana strategis (Renstra) Kementerian Keuangan yakni memastikan seluruh kantor di lingkungan Kementerian Keuangan dapat berpredikat Zona Integritas WBK dan WBBM pada tahun 2024. Hal ini telah diwujudkan dengan mengakselerasi pembangungan Zona Integritas WBK dan WBBM di lingkungan DJKN. Sampai dengan awal tahun 2022, sudah terdapat 70 dari 97 unit kerja di DJKN yang telah berpredikat WBK/WBBM dengan rincian 58 unit kerja berpredikat WBK dan 12 unit kerja berpredikat WBBM.

Upaya akselerasi tersebut di atas juga didukung dengan pembentukan Tim Pendampingan dan Asistensi Pembangungan ZI-WBK/WBBM untuk memastikan pembangunan ZI-WBK/WBBM berada dalam koridor yang di tentukan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Tim Pendampingan dan Asistensi Pembangunan ZI-WBK/WBBM  beranggotakan unit-unit yang telah lolos berpredikat ZI baik WBK maupun WBBM dan juga dari Kantor Pusat DJKN. Tim akan mendampingi dari awal pembangunan sampai dengan pelaksanaan penilaian oleh Tim Penilai Nasional Kementerian PAN/RB.

Dengan adanya perubahan ketentuan pembangunan ZI-WBK/WBBM yang tercantum dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 90 Tahun 2021, keberadaan Tim Pendampingan dan Asistensi Pembangungan ZI-WBK/WBBM  menjadi sangat penting karena dapat menjadi rekan sharing knowledge untuk menafsirkan dan memenuhi hal-hal baru dalam komponen pengungkit dan komponen hasil.

Dedi Syarif Usman juga menekankan bahwa Customer Engagement harus selalu dibangun secara berkelanjutan. Persepsi pengguna layanan kepada unit kerja tidak bisa dibangun dalam waktu satu dua hari, harus ada pendekatan yang lebih intim kepada pengguna layanan, hal ini bisa diwujudkan baik dalam bentuk pemberian informasi yang sifatnya pengingat ataupun informasi terkait kebijakan-kebijakan baru. Hal penting lainnya dalam pembangungan ZI-WBK/WBBM adalah terbentuknya island of intergrity. Unit kerja selain berkonsentrasi pada pembangunan integritas internal, namun juga dapat menjadi contoh baik (role model) serta dapat menarik unit kerja lain di sekitar agar dapat menjadi unit kerja yang mempunyai integritas tinggi dan dapat memberikan layanan yang semakin baik kepada masyarakat.

Melalui pengalaman pada tahun 2021, KPKNL Surakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stake holder dan masyarakat guna mendapatkan feedback terbaik dari para pengguna layanan KPKNL. Sinergi dan kolaborasi antar unit kerja baik di lingkungan Kementerian Keuangan, terutama unit kerja mentor pembangunan ZI-WBBM,  sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga lainnya, termasuk unit kerja pemerintah daerah terus dibangun untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan layanan terbaik. Semangat PASTI ISO (profesional, akuntabel, sinergi, transparan, integritas, inovatif, memberi solusi) tetap menggelora di dada setiap insan KPKNL Surakarta, untuk mewujudkan birokrasi bersih, melayani, optimal, dan berkeadilan untuk Indonesia Maju. KPKNL Surakarta meraih ZI-WBBM 2022, "PASTI ISO".   (Penulis: Wisnu Herjuna/HI)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini