Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
KPKNL Sorong Menuju Grand Final Kedai Lelang UMKM
Bahrahmat Simamora
Senin, 25 September 2023   |   163 kali

Sorong (25/9) KPKNL Sorong meraih tiket menuju Grand Final Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM 2023 yang diumumkan tanggal 25 September 2023. Perjuangan KPKNL Sorong dalam mengikuti Kedai Lelang UMKM 2023 dimulai pada tanggal 12 Maret 2023 sampai 29 Agustus 2023. Tiket Grand Final Kedai Lelang UMKM 2023 diberikan kepada KPKNL Pekalongan, KPKNL Pekanbaru dan KPKNL Sorong.

Untuk memantapkan langkah menuju Grand Final, Ketua Tim Kedai Lelang, Rushan Nasyrul Haq sekaligus sebagai Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama mempresentasikan pemaparan terkait program yang telah dilaksanakan dihadapan Dewan Juri Nasional pada tanggal 21 September 2023 secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

INOVASI UNGGULAN KPKNL SORONG

Kegiatan Kasuari dititikberatkan pada kegiatan PEMBERDAYAAN UMKM, berupa:

1)      Pelatihan UMKM merupakan inovasi KPKNL Sorong yang berkolaborasi dengan Kemenkeu Satu dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong (Kementerian Ketenagakerjaan)

2)      Pemasaran produk UMKM dilakukan melalui: a) Bazar Kasuari. b) Bazar Kasuari melalui Aplikasi Kasuari (tersedia pada Google Play Store – Verified By Google). c) Lelang Kasuari melalui lelang.go.id.

Pelatihan UMKM merupakan inovasi karena:

1.      KPKNL Sorong merupakan KPKNL Pertama yang dapat menyelenggarakan Pelatihan berkolaborasi dengan BPVP Sorong (Kementerian Ketenagakerjaan) dengan keunggulan:

-         jangka waktu pelatihan sebanyak 5 hari kerja atau 40 Jam Pembelajaran

-         Instruktur bersertifikasi

-         menggunakan kurikulum berstandar nasional

-         Peserta mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh BPVP Sorong

2.      Terlaksananya Pelatihan UMKM yang melibatkan Kemenkeu Satu bukan program satu malam jadi, tetapi membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk meyakinkan Kemenkeu Satu untuk ikut terlibat dalam Pelatihan UMKM baik dari sisi peserta maupun dari pemberi materi pelatihan.

3.      Program Pelatihan UMKM dapat direplikasi dan diadopsi serta dijadikan STANDAR BARU bagi pelaksanaan Kedai Lelang UMKM di tahun yang akan datang.

 

Aplikasi Kasuari merupakan inovasi karena:

1.      Aplikasi Kasuari memberikan Solusi/Jawaban atas kendala yang dihadapi oleh Pelelang dalam melaksanakan Bazar Kasuari secara daring melalui Zoom, antara lain:

-      Memudahkan mengumpulkan pembeli, memudahkan menawar produk UMKM, memudahkan mengumpulkan copy KTP pemenang lelang, memudahkan memberitahu rincian uang hasil lelang kepada pembeli, memudahkan memantau apakah pembeli sudah melakukan pembayaran, memudahkan pembeli mengetahui status pembayaran atau status pengiriman produk UMKM yang dimenangkannya.

2.      Aplikasi Kasuari merupakan alat bantu bagi pejabat lelang dalam melaksanakan lelang bazar dengan kehadiran peserta ataupun tanpa kehadiran peserta lelang (daring). Seluruh kendala pada angka satu dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi.

3.      Aplikasi Kasuari dapat direplikasi dan diadopsi serta dijadikan STANDAR BARU bagi pelaksanaan Bazar Lelang UMKM oleh KPKNL Lain dimasa yang akan datang, sehingga sangat membantu bagi pelelang dalam melaksanakan lelang bazar secara online.

4.      Aplikasi Kasuari sudah sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negata Nomor KEP-94/KN/2023 tentang Pedoman Pengelolaan Inovasi di Lingkungan DJKN yaitu memiliki kebaruan, efektif, bermanfaat, dapat ditransfer/direplikasi dan berkelanjutan.

5.      Aplikasi Kasuari dapat dikembangkan (berkelanjutan) menjadi pusat database produk UMKM secara Nasional, sehingga apabila ada KPKNL yang akan melaksanakan bazar lelang UMKM, produk UMKM yang dilelang dapat dipilih dari seluruh produk UMKM yang disediakan oleh pelaku UMKM pada aplikasi Kasuari. (Inisiatif Strategis Kemenkeu sesuai KMK Nomor 124 Tahun 2023, terbentuknya single database UMKM sasaran pemberdayaan Kemenkeu)

6.      Keunggulan penggunaan Aplikasi Kasuari:

-      Kegiatan Bazar Lelang UMKM dapat dilakukan dengan atau tidak menggunakan aplikasi Zoom Meeting atau Microsoft Teams.

-      Pelelang melaksanakan Bazar menggunakan rentang waktu tertentu.

-      Peserta dapat menawar produk UMKM yang diminati sebelum lelang.

-      Peserta Lelang yang menawar lelang dapat mengetahui sebagai pemenang dari aplikasi, segera menyelesaikan pelunasan pembayaran yang diketahui dari aplikasi Kasuari.

 

DAMPAK TERHADAP PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Pelatihan UMKMDigital Marketing” yang dilaksanakan oleh KPKNL Sorong telah memberikan dampak yang signifikan secara ekonomi bagi pelaku UMKM. Ada satu peserta UMKM yang menemukan jargon/slogan/citra untuk  produk UMKM yang diproduksinya pada saat pelatihan. Dengan penggunaan jargon “Unik alami bersama mahkota kreatif”, pelaku UMKM berhasil meningkatkan penjualan produk sebesar 20-30% hanya dalam waktu dua bulan setelah pelatihan. Secara ekonomi, terbukti Pelatihan UMKM memberikan manfaat ekonomi yang sangat besar dan tidak dapat terukur.

Pemasaran Produk UMKM melalui Bazar Kasuari dan Lelang Kasuari meningkat dari tahun 2022, Tahun 2023 total barang yang dilelang sebanyak 89 Lot (sampai Agustus 2023) dengan pokok lelang sebesar Rp.13.715.806,00 atau meningkat 174,15

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini