Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Kick Off Kedai Lelang UMKM KPKNL Sorong
Bahrahmat Simamora
Senin, 13 Maret 2023   |   110 kali

Sorong (13/3) KPKNL Sorong melakukan Kick Off Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM 2023 pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2023. Kick off ini menandai keikutsertaan KPKNL Sorong pada program Kedai Lelang UMKM 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Kick off dilaksanakan oleh Antonius Arie Wibowo selaku Kepala KPKNL Sorong dengan pemotongan pita dan pemukulan Tifa oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Sorong Rushan Nasyrul Haq. Kedai Lelang UMKM KPKNL Sorong dilaksanakan bersama dengan Sosialisasi dan Expo UMKM dalam rangka Peningkatan Ekonomi Nasional yang dilaksanakan oleh Kemenkeu Satu Provinsi Papua Barat Daya. Sosialisasi dan Expo UMKM diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 12 Maret 2023 sampai 13 Maret 2023 bertempat di Gedung Keuangan Negara Sorong.

Sebelum membuka Kedai Lelang UMKM, Antonius memberikan Sosialiasi terkait peran dan kedudukan KPKNL Sorong dalam keikutsertaan memajukan produk UMKM di Provinsi Papua Barat Daya. Peran tersebut adalah ikut serta memasarkan produk UMKM sesuai dengan tugas dan fungsi KPKNL Sorong yaitu melaksanakan lelang sesuai permohonan dari pelaku UMKM pada alamat www.lelang.go.id secara online atau dengan Lelang Terjadwal Khusus (Bazar UMKM). Lelang tersebut didahului pengumuman pada selebaran, media elektronik ataupun surat kabar. Beliau juga menyebutkan Kedai Lelang UMKM dikhususkan untuk penggalian potensi lelang yang berasal dari produk-produk UMKM. Beliau berharap, dengan adanya Kedai Lelang UMKM  dapat memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Provinsi Papua Barat Daya dapat bersaing di tingkat nasional.

Kemenkeu Satu Provinsi Papua Barat terdiri dari Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean (KPPBC TMP) C Sorong, Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea dan Cukai Tipe B Sorong, KPPN Sorong,  Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong, dan KPKNL Sorong bersinergi untuk mendorong UMKM naik kelas serta memperkuat dan peningkatkan ekonomi nasional. Komitmen Kemenkeu Satu dibuktikan dengan mengadakan Sosialisasi dan Expo UMKM dalam rangka Peningkatan Ekonomi Nasional. Seluruh unit vertikal Kemenkeu ikut serta memberikan sosialisasi terkait pesan serta unit kantor vertikal dalam memajukan atau peningkatan UMKM.

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber Rahman Arsyad selaku pimpinan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong. Beliau menerangkan bahwa salah satu program BPVP Sorong adalah mendidik dan memberikan pelatihan/keterampilan kepada masyarakat sekitar untuk dapat berusaha. Dengan adanya kolaborasi dengan Kemenkeu Satu, Apabila keterampilan usaha sudah diperoleh dari BPVP Sorong, masyarakat dapat memproduksi produk yang akan dipasarkan. Produk yang akan dipasarkan tersebut dapat dipasarkan melalui mekanisme lelang pada KPKNL Sorong atau di ekspor dengan fasilitas kemudahan ekspor dari KPPBC TMP C Sorong. Apabila dalam pemasarannya memerlukan biaya, masyarakat dapat datang ke KPPN Sorong untuk memperoleh informasi pinjaman KUR yang disalurkan oleh Perbankan. Apabila usaha sudah berjalan dan menghasilkan, peran KPP Sorong dalam memajukan UMKM adalah dengan pemberian intensif Perpajakan. Beliau berharap agar seluruh pelaku UMKM dapat memanfaatkan kolaborasi dan sinergi dari Kemenkeu Satu dalam memajukan usaha UMKM yang dibuat.

Mari dukung dan majukan produk UMKM pada Provinsi Papua Barat Daya dengan membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan para pelaku UMKM.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini