Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Siapa Yang Naksir Sama Basan dan Baran?
Ade Setiana
Selasa, 02 Agustus 2022   |   195 kali

Manokwari (29/7) - KPKNL Sorong bekerjasama dengan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Manokwari menggelar Workshop di Bidang Penilaian Pengelolaan Barang Sitaan dan Barang Rampasan Negara bagi Petugas Rupbasan Kelas I Manokwari untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya khususnya dalam penaksiran benda sitaan negara (basan) dan barang rampasan negara (baran), yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 28 s.d 29 Juli 2022 bertempat di Ruang Aula Rupbasan Kelas I Manokwari.

Workshop ini merupakan tindaklanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Penilaian, Ditjen kekayaan Negara, Kementerian Keuangan dengan Direktorat Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara, Ditjen Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM Nomor PAS2.PK.07.02-146 dan Nomor PRJ-1/KN.5/2022 tanggal 21 Juni 2022.

Workshop Penilaian dilaksanakan secara luring dan dibuka oleh Jevius J. Siathen selaku Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, dengan peserta sejumlah 10 orang yang berasal dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dan Rupbasan Kelas I Manokwari. Selanjutnya Jevius J. Siathen memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop. “Kegiatan ini sangat bernilai dan berharap dari kegiatan ini akan menciptakan SDM yang profesional dan mampu melakukan penaksiran terhadap Basan Baran yang ada di Rupbasan Manokwari, serta berpesan agar peserta mengikuti secara serius dan seksama”, tegas Jevius.  

Workshop dilaksanakan dengan metode teori dan praktek survei lapangan serta dilakukan reviu dan evaluasi untuk mengetahui pemahaman para peserta. Bertindak sebagai narasumber adalah Ferry Notarianthony Suryahadi dan Try Alim Nasrudin selaku Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah pada KPKNL Sorong. Untuk materi yang dibawakan antara lain : Konsep Dasar Penilaian, Teknik Pengumpulan Data, Analisis Pasar Properti, Pendekatan Penilaian yang meliputi Pendekatan Pasar dan Pendekatan Biaya serta Penilaian Peralatan dan Mesin. Objek penilaian/taksiran berupa kendaraan bermotor roda empat, kendaraan bermotor roda dua dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pada akhir kegiatan, Kepala Rupbasan Kelas I Manokwari menyampaikan tanggapan terkait kegiatan workshop yang dilaksanakan selama dua hari ini. “Sebagai Kepala Rupbasan, saya sangat mengapresiasi atas sinergi dan kerjasama dengan KPKNL Sorong sehingga workshop penilaian dapat terlaksana, karena baru pertama kali dilakukan di Rupbasan Kelas I Manokwari dan dengan adanya kegiatan ini peserta dapat memperoleh pengetahuan terkait penilaian sehingga memudahkan petugas Basan Baran dalam melakukan penaksiran atas basan baran yang dititipkan di Rupbasan Kelas I Manokwari “, tutur Frits V. Suruan.


----------------------------------------

Ferry N. Suryahadi/Try Alim Nasrudin

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini