Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Kepala KPKNL Singkawang Hadiri Pelantikan Anggota PUPN Cabang dan Pejabat Lelang Kelas II
Retno Nur Indah
Rabu, 26 Juli 2023   |   70 kali

Kepala KPKNL Singkawang menghadiri kegiatan Pelantikan Anggota PUPN (Panitia Urusan Piutang Negara) Cabang Kalimantan Barat dan Pengambilan Sumpah atau Janji atau Pelantikan Pejabat Lelang Kelas II pada hari Selasa, 18 Juli 2023 bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Kalimantan Barat. Anggota PUPN Cabang Kalimantan Barat yang diambil sumpah berasal dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan. Dari unsur Kepolisian, Anggota PUPN Cabang Kalimantan Barat yang diambil sumpahnya adalah Kombes Pol Sardo Mangatur Pardamean Sibarani, S.I.K., M.H., yang saat ini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus pada Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.  Adapun dari unsur Kejaksaan yang diambil sumpahnya adalah Mas’ud, S.H., M.H., yang saat ini menjabat sebagai Jaksa Madya Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. Sedangkan Pejabat Lelang Kelas II yang diambil sumpah atau janji atau pelantikannya adalah Kenny Cetera, S.H., M.Kn.

Tetik Fajar Ruwandari, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat sekaligus Ketua PUPN Cabang Kalimantan Barat memimpin langsung kedua kegiatan tersebut dengan disaksikan oleh anggota PUPN Cabang Kalimantan Barat lainnya dan para pejabat di lingkup DJKN Kalimantan Barat serta para rohaniawan.

Tetik mengharapkan agar pelantikan anggota PUPN yang baru akan dapat meningkatkan kinerja pengurusan Piutang Negara di Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Selain itu, Kakanwil mengharapkan dukungan anggota PUPN yang dilantik, khususnya terkait permasalahan hukum dalam rangka pengurusan piutang negara sebagaimana yang diatur dalam PP Nomor 28 Tahun 2022.

Adapun kepada Pejabat Lelang Kelas II yang baru, Tetik mengharapkan agar Pejabat Lelang Kelas II dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam pelayanan lelang non eksekusi sukarela di Provinsi Kalimantan Barat.  Selain itu diharapkan terdapat terobosan, komunikasi, strategi marketing dan jejaring hubungan untuk menjadi garda terdepan dalam rangka pelaksanaan lelang serta untuk mengenalkan dan mempublikasikan lelang kepada masyarakat secara luas.

“Integritas harus menjadi pilar utama dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.  Sebagai Pelayan Masyarakat, akan memikul kepercayaan besar dari organisasi dan masyarakat, dan kewajiban moral untuk bertindak secara jujur, adil, dan transparan”, pungkas Tetik.

Setelah berakhirnya kegiatan Pelantikan Anggota PUPN Cabang Kalimantan Barat dan Pengambilan Sumpah atau Janji atau Pelantikan Pejabat Lelang Kelas II, acara dilanjutkan dengan kegiatan Rapat PUPN Cabang Kalimantan Barat, yang dihadiri oleh Kepala KPKNL Singkawang, Andri Dwinanto sebagai anggota PUPN Cabang Kalbar dan juga dihadiri oleh seluruh anggota PUPN yang lain, yakni dari KPKNL Pontianak, Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, dan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. 

Kepala KPKNL Singkawang dalam rapat menyampaikan adanya perbedaan jumlah dan nilai BKPN antara KPKNL Singkawang dan Pontianak sehingga treatment nya berbeda. Sehingga diperlukan sinergi dan dukungan dalam pengurusan piutang pemerintah daerah.

Rapat ditutup oleh Kakanwil DJKN Kalbar dengan harapan Pemerintah Daerah dapat menjembatani Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk memberikan sosialisasi terkait prosedur penghapusan piutang negara/ daerah kepada pegawai pemerintah daerah dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.   Hal ini diperlukan dalam rangka memperbaiki neraca keuangan pemerintah daerah yang bermasalah dengan barang milik daerah dan piutang macet.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini