Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Sulap TPS Jadi Sentra Kuliner, KPKNL Singkawang Berdayakan UMKM di Wilayah Sambas
Retno Nur Indah
Kamis, 08 Juni 2023   |   261 kali

KPKNL Singkawang melaksanakan kegiatan Temu Bareng dan Bincang Santai : Optimalisasi Aset sebagai Penggerak Ekonomi dan Pemberdayaan Pelaku UMKM yang bertempat di Jalan Gedung Nasional, Kelurahan Pemangkat Kota, Kabupaten Sambas pada Selasa, 7 Juni 2023 yang lalu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh rombongan Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Singkawang, KPP Pratama Singkawang, pelaku UMKM, dan juga oleh perwakilan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). 

Sebagai informasi, KOIN MAS merupakan kompetisi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan sebagai manajer aset negara untuk menyajikan ide dan terobosan pemanfaatan atas Barang Milik Negara (BMN) atau aset negara yang inovatif dan bernilai guna. 

KPKNL Singkawang turut mengikuti gelaran kompetisi tersebut dengan mengedepankan objek yang bertempat di Jalan Gedung Nasional, Kel. Pemangkat Kota, Kabupaten Sambas.  Objek tersebut awalnya merupakan BMN Idle atau asset underutilized milik Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang.  BMN idle adalah aset yang menganggur yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi pemerintahan.  Oleh masyarakat sekitar, objek tersebut digunakan sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).   Mengingat lokasi objek berada di tengah pemukiman dan dekat dengan tempat peribadatan, maka pemerintah yang diwakili oleh KPKNL Singkawang dan Kanwil DJKN Kalbar sebagai manajer aset negara bersinergi dengan KPP Pratama Singkawang menggubahnya menjadi wadah untuk pemberdayaan bagi para pelaku UMKM bidang kuliner agar dapat lebih memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Objek yang diikutsertakan pada kompetisi yang berlangsung di tahun 2022 sampai dengan 2023 tersebut telah berhasil masuk ke babak 10 besar dan saat ini telah dimanfaatkan oleh beberapa UMKM pelaku kuliner yang mulai membuka usaha di tempat tersebut.  Untuk menandai pembukaan spot kuliner baru di wilayah Pemangkat tersebut, dilaksanakanlah soft opening yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kakawil DJKN Kalbar, Tetik Fajar Ruwandari dan Mitra Penyewa yang diwakili oleh Bp. Yudhiansyah dengan didampingi oleh Kepala KPKNL Singkawang, Odyses Medwan Sinurat, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Darnadi, Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal KPP Pratama Singkawang, Devie Ferari dan perwakilan PT PII (Persero) yang turut memberikan dukungan kepada UMKM di wilayah Pemangkat tersebut.

Ardiansyah, salah seorang warga yang hadir menyatakan, “Saya mendukung adanya spot kuliner baru ini karena sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah yang cukup mengganggu di tengah pemukiman masyarakat.  Tempat ini juga menambah hiburan warga Pemangkat dan menggerakkan perekonomian.  Kami berharap agar pemerintah dapat turun di wilayah lain di Kabupaten Sambas agar sentra kuliner seperti ini dapat merata”.


Berita sejenis telah terbit juga di https://radarkalbar.com/baca/09062023/kpknl-sulap-tps-jadi-pusat-kuliner-di-kota-pemangkat/

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini