Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
KPKNL Singkawang Turut Hadiri Sosialisasi Penggunaan dan Pengoperasian Drone
Retno Nur Indah
Jum'at, 19 Mei 2023   |   76 kali

Selasa, 10 Mei 2023 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang ikut ambil bagian dengan mengirimkan pegawai untuk mengikuti Sosialisasi Penggunaan dan Pengoperasian Drone yang diikuti oleh para pegawai di Kanwil DJKN Kalimantan Barat serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak yang berlangsung mulai pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Kegiatan yang diadakan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat tersebut menghadirkan narasumber Letkol Penerbang Kamto Adi Saputra, ST, MMS selaku Komandan Skadron Udara 51 Wing 7 Lanud Supadio ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Tetik Fajar Ruwandari

Tetik Fajar Ruwandari mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi atas kesediaan narasumber telah berkenan hadir untuk berbagi pengetahuan seputar penggunaan dan pengoperasian drone ini. Beliau juga menyampaikan harapan agar melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat tentang tata cara teknis penggunaan dan pengoperasian drone. Kepala Kanwil juga mondorong agar setiap pegawai mampu mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pengelolaan kekayaan negara.

Kamto Adi Saputra sebagai narasumber pada sesi materi bertempat di Aula Lantai 3 Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyampaikan materi sosialisasi di antaranya pengenalan sejumlah tipe dan spesifikasi hingga kegunaan drone yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai beberapa persiapan sebelum menerbangkan drone, sebelum lepas landas (takeoff), setelah lepas landas, dan teknis saat mendaratkan pesawat tanpa awak tersebut. Hal ini penting diketahui agar pengoperasian drone dilakukan dengan semestinya dan menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan. Sejumlah fitur pada body drone hingga layar kendali drone juga turut dipaparkan narasumber sehingga seluruh peserta benar-benar mendapatkan pengetahuan yang lebih lengkap mengenai pengoperasian drone.

Usai lebih kurang 2 jam dilaksanakan sesi penyampaian materi, kegiatan sosialisasi penggunaan drone kemudian berlanjut pada sesi praktek di mana seluruh peserta diajak untuk mempraktekkan langsung tahapan demi tahapan pengoperasian drone sesuai dengan materi yang disampaikan sebelumnya. Dengan bimbingan instruktur sekaligus narasumber setiap peserta mempraktekkan langsung pengoperasian drone.  Meskipun terlihat masih gugup namun secara umum para peserta terlihat antusias saat mempraktekkan langsung penggunaan drone.

Dalam era digitalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, penguasaan teknologi drone merupakan keunggulan yang tak dapat diabaikan. Dengan keikutsertaan dalam Sosialisasi Penggunaan dan Pengoperasian Drone yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat ini dapat semakin memanfaatkan teknologi drone guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam menjalankan tugas pengawasan dan pengelolaan kekayaan negara.

Penulis : Gusti Juliansyah 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini