Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Sosialisasi dan Koordinasi BMN Idle di KPP Singkawang
Retno Nur Indah
Selasa, 16 Mei 2023   |   93 kali

Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara melakukan kunjungan koordinasi dan silaturahmi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang. Dalam kunjungan yang membahas terkait optimalisasi BMN Idle tersebut Ratna Astuti, Kepala Seksi PKN didampingi staf diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengawasan, Hasan beserta sejumlah staf di KPP Pratama Singkawang, Jalan GS Lelanang pada Kamis (11/05/2023).

 

Kepala Seksi PKN pada sambutannya di hadapan Kasi Pengawasan dan sejumlah pegawai KPP Pratama menyampaikan sekilas mengenai pentingnya optimalisasi BMN utamanya yang terindikasi idle agar dapat memberikan nilai tambah khususnya bagi negara.

 

Selanjutnya dipaparkan mengenai progres rencana penggunaan BMN berupa tanah yang berlokasi di Kecamatan Pemangkat, Ayu Seger Miranda Pamungkas sebagai narasumber di hadapan sejumlah pegawai KPPP Singkawang menyampaikan bahwa Optimalisasi Barang Milik Negara Berupa Tanah Underutilized pada KPP Pratama Singkawang direncanakan untuk memberdayakan Pelaku UMKM di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

 

Ayu dalam penyampaiannya menggambarkan kondisi objek BMN tersebut awalnya sangat kumuh dan terbengkalai, bahkan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar di Kecamatan Pemangkat. Papan identitas aset yang berguna untuk pengamanan aset sudah berkarat dan tidak terbaca. Perencanaan dari optimalisasi ini telah mulai direncanakan sejak bulan Oktober 2020 dan walaupun sempat terhenti akibat pembatasan sebagai dampak Covid-19 kini mulai bergeliat lagi. Selanjutnya disampaikan rencana optimalisasi yang sedang dirancang yakni  direncanakan pemanfaatan objek optimalisasi ini adalah dengan skema pemanfaatan melalui Sewa atau Pinjam Pakai.

 

“Tanah ini direncanakan untuk dimanfaatkan sebagai ruang usaha bagi beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Asosiasi UMKM, Warung Kopi, dan Kafe Kabupaten Sambas (AWAS)”, ujar Ayu.

 

Dalam penyampaiannya Ayu juga menerangkan mengenai sejumlah dampak positif pemanfaatan BMN tersebut yakni dampak ekonomi baik bagi negara, pelaku UMKM hingga bagi percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Selain itu juga diprediksi membawa dampak positif secara sosial seperti meningkatnya keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi masyarakat sekitar, dan membantu melestarikan budaya dan kearifan lokal.

 

Menanggapi rencana terkait, Hasan, Kepala Seksi Pengawasan yang mewakili kepala KPP Pratama Singkawang menyampaikan apresiasi dan syukur yang mendalam atas agenda kerja KPKNL Singkawang tersebut. Beliau berujar bahwa KPP Pratama tentu merasa sangat terbantu dengan program optimalisasi BMN yang berstatus idle milik KPP Pratama Singkawang setidaknya beban pengelolaan BMN oleh kantornya sedikit berkurang dan yang lebih penting BMN idle tersebut kini dapat memberikan nilai tambah baik bagi KPPP Singkawang, masyarakat hingga pada penerimaan negara.

Usai penyampaian sosialisasi yang berlangsung di ruang Rapat KPPP Singkawang, rombongan Seksi PKN KPKNL Singkawang bersama operator BMN KPP Singkawang berangkat menuju kecamatan Pemangkat untuk meninjau langsung BMN berupa tanah yang akan disewakan tersebut. Kunjungan yang berjarak tempuh lebih kurang 30 Kilometer tersebut bertujuan untuk melihat langsung sejumlah progres proyek pemanfaatan BMN tersebut


Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini