Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
KPKNL Singkawang Lakukan Survey Lapangan Penilaian Aset SPN Polda Kalbar
Retno Nur Indah
Senin, 08 Mei 2023   |   159 kali

Selasa (02/05) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang melaksanakan survey lapangan dalam rangka penilaian aset milik Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat. BMN berupa 5 bidang tanah berlokasi di Jalan Subarkah Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

Decky Fitriadi, Pejabat Fungsional Penilai KPKNL Singkawang yang melakukan survey terhadap objek penilaian tiba sekitar pukul 10.00 wib di Mapolrestabes Pontianak dan disambut oleh sejumlah anggota dan perwira kepolisian di jajaran Polda Kalimantan Barat. Kegiatan diawali dengan rapat membahas kebutuhan teknis untuk melakukan survey penilaian. Dalam rapat singkat yang selain membahas kebutuhan teknis penilaian tersebut, Decky Fitriadi yang mewakili KPKNL Singkawang berkesempatan melakukan sosialisasi dihadapan sejumlah perwira dan anggota Polri di jajaran Polda Kalimantan Barat mengenai prosedur dan mekanisme penilaian di KPKNL Singkawang termasuk sejumlah layanan unggulan dan pakta integritas yang berlaku di KPKNL Singkawang yang sedang berupaya sungguh-sungguh dalam mewujudkan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Lebih kurang 30 menit berselang, Pejabat Penilai KPKNL Singkawang didampingi oleh sejumlah perwira dan anggota kepolisian terjun ke lapangan dan melakukan survey satu-persatu terhadap 5 bidang tanah. Kegiatan survey lapangan yang menjadi tahapan yang harus dilaksanakan untuk melihat secara langsung objek yang akan dinilai guna mengetahui kondisi fisik objek kali ini merupakan tindak lanjut dari permohonan penilaian yang diajukan oleh SPN Polda Kalimantan Barat untuk menentukan nilai wajar atas Barang Milik Negara yang merupakan unsur penting dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

Dalam proses survey ke lapangan, Penilai KPKNL Singkawang secara serius melihat, memahami, serta menelaah kondisi barang yang akan dinilai sebaik mungkin agar nilai yang dihasilkan benar-benar mencerminkan kondisi fisik objek tersebut. Penilaian atas BMN yang dilakukan dengan metode pendekatan harga pasar tersebut kemudian dilanjutkan dengan melakukan survey atas sejumlah sampling data pembanding yang sesuai sehingga dapat menentukan nilai wajar atas objek penilaian.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini