Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Pembinaan Mental Pegawai KPKNL Singkawang
Retno Nur Indah
Selasa, 04 April 2023   |   63 kali

KPKNL Singkawang menyelenggarakan kegiatan kajian keislaman dengan mengangkat tema “Ramadhan membentuk ASN yang berintegritas dan berkinerja tinggi” dengan menghadirkan narasumber Ustad Dr. Asrip Widodo, M.Pd.I, beliau adalah ulama sekaligus Kepala Dewan Dakwah Islamiah Indonesia Kota Singkawang. Kegiatan yang menjadi agenda Program Pembinaan Mental (Bintal) KPKNL Singkawang ini diikuti oleh seluruh jajaran di KPKNL Singkawang bertempat di Ruang Gunung Sari, Kantor KPKNL Singkawang pada hari Senin (03/04).

 

Eko Budi Hariyanto, Kepala Sub Bagian Umum sekaligus Koordinator Bintal Islam KPKNL Singkawang yang menyelenggarakan kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan terkait sejumlah agenda yang akan dan telah diselenggarakan dalam upaya pembinaan mental bagi seluruh pegawai. Dan memanfaatkan Bulan Ramadhan 1444 H yang merupakan syahrul tarbiyah atau bulan pendidikan ini, beliau mengajak seluruh pegawai untuk memaksimalkan ibadah dan menuntut ilmu dibulan yang mulia ini, dan kegiatan ini merupakan upaya fasilitasi dari institusi KPKNL Singkawang kepada segenap pegawai.

 

Terkait pemilihan tema, Eko Budi Hariyanto juga menyampaikan bahwa semangat untuk memelihara integritas dan kinerja yang tinggi selalu digaungkan baik di lingkup KPKNL Singkawang, DJKN, hingga Kementerian Keuangan. Dan melalui kegiatan ini beliau berharap agar ibadah Ramadhan tidak saja dijalankan semata-mata dalam rangka berburu pahala, akan tetapi ibadah yang dilakukan dapat pula berimplikasi positif pada peningkatan integritas dan kinerja seluruh pegawai.

 

Ustad Asrip Widodo selaku narasumber dalam kajian menyampaikan banyak hal dalam ceramahnya, mulai dari keutamaan bulan Ramadhan dan fadilah berbagai amal soleh yang menyertainya. Beliau juga menceritakan bagaimana akhlak dan luar biasanya para Salafus Shalih dalam mengisi hari-hari dibulan Ramadhan dengan berbagai ibadah. Selain itu sejarah mencatat banyak peperangan pada masa terdahulu yang terjadi pada Bulan Ramadhan dan ummat Islam justru mencapai kemenangan yang luar biasa. Sehingga pada intinya, menurut beliau Ramadhan yang ibadah utamananya adalah berpuasa tidak menjadikan pengamalnya menjadi lemah dan bermalas-malasan, tetapi justru harus menjadi pemacu untuk meningkatkan kinerja yang terbaik

 

Ramadhan yang dialamnya kita diwajibkan berpuasa, menurut narasumber, merupakan amal yang sangat privat antara hamba dengan Sang Kholik sehingga yang mengetahui apakah kita benar-benar berpuasa hanyalah kita sendiri dan Allah Swt. Dengan berpuasa juga kita diharamkan melakukan hal-hal yang dihalalkan pada bulan-bulan lainnya. Dua hal ini jelas menerangkan bahwa Ramadhan tidak hanya berdimensi ibadah ritual semata, tetapi mengandung pesan moral yang erat kaitannya dengan integritas.

 

Kegiatan kajian yang diawali dengan pembacaan kalam ilahi dan penyampaian materi serta tanya jawab tersebut akhirnya ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh narasumber. Doa dipanjatkan kepada Allah SWT, untuk kebaikan seluruh pegawai dan instansi KPKNL Singkawang agar dimudahkan  dalam membangun Zona Integritas WBBM, doa bagi bangsa dan negara, dan tentunya doa untuk para pemimpin negeri.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini