Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum Serasi Minggu Ketiga Februari 2023
Irianto
Kamis, 23 Februari 2023   |   37 kali

SERASI, forum diskusi dan sharing informasi sekaligus motivasi yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang telah dilaksanakan hingga pekan pertama bulan Februari tahun 2023 dengan semangat yang tetap antusias. Kegiatan yang seperti biasa dimulai pada pukul 08.00 pagi ini dilaksanakan secara daring pada hari Selasa hingga Kamis yang diisi dengan kegiatan diskusi interaktif, informatif dan motivatif. Sedangkan khusus tiap senin diadakan secara luring yang khusus diisi dengan pembacaan Perilaku Utama Nilai-Nilai Kemenkeu, Budaya Kerja Kemenkeu, dan pembacaan quotes atau kata-kata motivasi membangun mental positif dari dan untuk seluruh pegawai KPKNL Singkawang

Selasa (14/02/2023) diskusi Serasi diadakan dengan membahas tema “Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari“ dengan pemateri Iwan Zuardi, Pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang. Pemateri menyampaikan bahwa secara umum minum kopi di pagi hari dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan dan produktivitas. Materi diawali dengan menjelaskan sekilas mengenai kopi, manfaat minum kopi di pagi hari, dan beberapa tips memaksimalkan manfaat meminum kopi di pagi hari. Pada bagian Pengenalan kopi, pemateri menjelaskan tentang sejarah dan variasi jenis kopi, kandungan nutrisi, manfaat minum kopi di pagi hari seperti menambah energi, mencukupi kebutuhan antioksidan, melancarkan pencernaan, baik bagi jantung, dan membantu metabolisme dan menurunkan berat badan. Materi ini dilengkapi penjelasan singkat beberapa penelitian ilmiah pendukung.

Rabu (15/02/2023) adalah giliran Yosi Roshadi Putri menjadi pemateri. Pelaksana pada Subbagian Umum ini menyampaikan materi dengan judul “Alasan Kenapa Tidak Boleh Mager Untuk Jalan Kaki”. Indonesia, menurut Yosi, menempati peringkat pertama penduduk paling malas berjalan kaki sedunia. Menurut survey yang disampaikan, rata-rata orang Indonesia hanya berjalan kaki 3.513 langkah per hari, jauh lebih sedikit dibanding catatan global yaitu rata-rata 5.000 langkah per hari. Padahal, lanjut pemateri, berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, mencegah osteoporosis, mengurangi stres, memperkuat daya tahan tubuh, dan menurunkan berat badan. Pemateri juga membagikan sejumlah tips supaya kita tidak malas jalan.  

Kamis (16/02/2023), Eko Budi Hariyanto, Kepala Subbagian Umum KPKNL Singkawang menjadi pemateri diskusi Serasi dengan judul “Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas”. Pemateri mengawali materinya dengan menyebutkan hasil sebuah survey yang menyebutkan bahwa hampir 1 persen wanita di Amerika yang berusia antara 20-39 tahun menderita penyakit jantung koroner. Pada usia 40-59 tahun jumlah penderita meningkat hampir 10 kali lipat. Atas dasar tersebut dan beberapa sebab lain maka salah satu upaya yang harus ditempuh untuk menjaga jantung agar tetap sehat adalah dengan olahraga cardio, yakni jenis olahraga yang cocok untuk latihan pemompaan jantung dan menjaga otot jantung tetap kuat. Beberapa olahraga jenis cardio yang sangat baik disampaikan pemateri diantaranya : berenang, bersepeda, tenis, olahraga plank, dan squat.

 Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini