Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum Serasi KPKNL Singkawang Minggu ke-4 Januari 2023
Retno Nur Indah
Selasa, 31 Januari 2023   |   61 kali

SERASI, forum diskusi berbagi informasi dan motivasi yang diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Singkawang, berhasil dilaksanakan hingga pekan ketiga bulan Januari 2023. Pada pekan tersebut Serasi dilaksanakan pada hari Selasa hingga Jumat dengan mengangkat materi-materi yang ringan namun informatif sekaligus sarat akan motivasi.

Selasa (24/01) acara Serasi diikuti oleh seluruh Pegawai bertempat di Ruang APT KPKNL Singkawang. Pada Serasi hari kerja pertama pekan ke 3 Bulan Januari ini diselenggarakan dalam bentuk sharing motivasi sekaligus memperkuat Nilai-Nilai Kementerian Keuangan kepada seluruh pegawai. Acara dimulai dengan pembacaan Perilaku Utama Nilai-NIlai Kemenkeu, pembacaan Budaya Kerja Kemenkeu, pembacaan kata-kata motivasi dan diakhiri dengan interaksi sumbang saran dan masukan bagi efektivitas kerja di KPKNL Singkawang.   

Rabu (25/01) diskusi Serasi diselenggarakan secara daring dengan pemateri Supriyadi. Pegawai pada Seksi Piutang Negara ini menyampaikan materi dengan judul “Nama - Nama Hari di Indonesia,  Ternyata Memiliki Arti dan Asal-Usul”. Nama-nama hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu ternyata memiliki sejarah asal usul dan makna dibalik penamaannya. Pemateri menyampaikan, berdasarkan catatan sejarah, penetapan hari sebanyak 7 dalam seminggu pertama kali dilakukan oleh bangsa Babilonia sekitar abad ke 6 SM. Saat itu hari belum dinamai dan hanya disebut hari pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, hingga kemudian zaman Yunani kuno tepatnya saat kekuasaan Julius Caesar hari-hari itu diberi nama yang terinspirasi dari tata surya. Selanjutnya pemateri menyampaikan makna nama-nama hari dalam bahasa Indonesia yang ternyata sebagian diadopsi dari bahasa Arab, sebagian dari bahasa Ibrani dan bahasa Portugis.

Jumat (27/01) forum Serasi FIT khusus Jumat diadakan dengan penyampaian materi oleh Granthis, Pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang. Kegiatan diawali dengan pembacaan doa dan penyampaian motivasi yang disampaikan oleh Eko Budi Hariyanto, Kepala Sub Bagian Umum. Granthis dalam kesempatannya menyampaikan materi dihadapan peserta dengan topik “Mengenal Terapi Bekam dan Manfaatnya bagi Kesehatan”. Pemateri dalam presentasinya menyampaikan 11 manfaat terapi bekam bagi kesehatan mulai dari pengobatan hingga pencegahan sejumlah penyakit. Namun bekam juga tidak dianjurkan bagi beberapa kondisi diantaranya ibu hamil, anak dibawah 4 tahun dan lain-lain, tambah pemateri.  Kegiatan Serasi FIT kemudian dilanjutkan dengan jalan pagi dengan rute dari KPKNL Singkawang menuju pekong yang menjadi icon Kota Singkawang, yakni Vihara Tri Dharma Raya dan ditutup dengan sarapan bersama di warung kopi tertua Kota Singkawang, Kopitiam Rusen.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini