Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum SERASI KPKNL Singkawang Pekan Kelima Juni 2022
Retno Nur Indah
Selasa, 05 Juli 2022   |   64 kali

SERASI, forum diskusi internal KPKNL Singkawang telah memasuki penyelenggaran pekan kelima bulan Juni 2022. Pada pekan ini Serasi “berhasil” diselenggarakan sebanyak dua kali yakni pada hari Selasa dan Kamis. Kegiatan yang sarat akan informasi sekaligus motivasi ini dimulai pada pukul 08.00 pagi diawali dengan pembacaan doa, pemutaran Mars DJKN, laporan kondisi pegawai oleh masing-masing seksi, penyampaian materi, pengumuman dan diakhiri dengan meneriakkan yel-yel KPKNL Singkawang. 

Selasa (28/06) Serasi diisi dengan penyampaian materi oleh Velient Vinandha, Bendahara pada KPKNL Singkawang, dengan judul “Optimalisasi Peran Tim Keamanan Informasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara”. Pemateri mengawali pemaparan dengan menyampaikan dasar hukum pembentukan tim keamanan informasi yakni sesuai dengan amanat yang tercantum dalam KMK Nomor 942/KMK.01/2019 tentang Pengelolaan Keamanan Informasi di Lingkungan Kementerian Keuangan, didalamnya dibentuk tiga unit tim diantaranya adalah unit pada tingkat Kementerian Keuangan, unit pada Eselon I DJKN dan unit kantor vertikal (tiap-tiap kanwil) yang masing-masing memiliki perbedaan baik struktur maupun level tugas dan fungsinya. Pemateri selanjutnya mengingatkan tentang bahaya penyalagunaan akun, dengan melakukan sejumlah langkah antisipasi diantaranya tidak membuka URL pada email phising, tidak menginputkan email dan password pada homepage phising, tidak menyebarkannya, segera menghapus, mengganti password bila terlanjur, dan melaporkannya pada unit keamanan informasi. Pemateri juga membahas beberapa upaya pencegahan penayalahgunaan email Kemenkeu oleh pihak lain.

Kamis (29/06) Materi Serasi disampaikan oleh Vicencia Mita Haninditya, Pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang, dengan judul “Negosiasi”. Pemateri mengawali penyampaian materi dengan menjelaskan pengertian negosiasi, yakni proses dialog antara dua pihak atau lebih terhadap suatu masalah melalui tawar-menawar untuk mencapai hasil kesepakatan antar pihak tersebut. Selanjutnya dibahas sejumlah karakteristik negosiasi antara lain pihak-pihak yang mungkin mempunyai kepentingan yang berbeda, upaya saling mempengaruhi antar pihak, adanya upaya untuk mencapai persetujuan/kesepakatan bersama, dan adanya give & take. Lalu disampaikan pula sejumlah keterampilan bagi seorang negosiator, secara garis-besarnya, terdiri dari kemampuan mendengar yang aktif (active listening), bertanya efektif (effective questioning), mampu membujuk (persuading), mampu menangani keberataan (objection handling).  Keterampilan tersebut, menurut pemateri, dapat diperoleh melalui sejumlah ikhtiar diantaranya dengan latihan (practice), aksi nyata (action), dan peningkatan dengan upaya-upaya dari sumber lain seperti melalui buku, diklat, seminar, dll.  

Penulis : Gusti   

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini