Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum SERASI Akhir Mei 2022
Retno Nur Indah
Senin, 06 Juni 2022   |   79 kali

SERASI, forum diskusi dan sharing informasi sekaligus motivasi yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang telah dilaksanakan hingga pekan terakhir bulan Mei tahun 2022 dengan semangat yang tetap antusias. Kegiatan yang seperti biasa dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi ini dimulai dengan pembacaan doa, penayangan MARS DJKN, laporan kondisi pegawai pada masing-masing seksi, dan penyampaian materi. Pada pekan terakhir bulan Mei ini Serasi diselenggarakan pada hari Senin dan Selasa, adapun hari Rabu dan seterusnya tidak dapat dilaksanakan karena bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila dan  agenda kantor lainnya seperti penyelenggaraan IHT dan kegiatan olahraga pagi pada hari Jumat.    

Senin (30/05/2022) Serasi diadakan dengan pemaparan materi oleh Lunda Nine Aleva. Pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan judul “Capaian Output”. Dalam konteks pengelolaan anggaran kementerian/lembaga, pemateri menyampaikan capaian output yang diharapkan yakni mewujudkan belanja K/L yang lebih berkualitas, lebih baik (spending better), dan sesuai dengan tata kelola yang baik (good governance), serta memberikan penilaian indikator kinerja pelaksanaan anggaran yang lebih transparan dan akuntabel. Selanjutnya pemateri menyampaikan standar capaian output berdasarkan dua alat ukur yakni 8 variabel capaian berdasarkan IKPA dari Dirjen Perbendaharaan dan 4 variabel penilaian berdasarkan SMART dari Dirjen Anggaran. Penyampaian materi terkait capaian output ini juga menjadi ajang review sekaligus evaluasi terkait program kerja pada KPKNL Singkawang dikaitkan dengan penggunaan anggaran, waktu dan capaian yang telah diperoleh

Selasa (31/05/2022) adalah giliran Arlie Irham Yusdika menyampaikan materi. Pemateri yang sehari-hari bertugas sebagai pelaksana pada Seksi PKN ini menyampaikan materi dengan judul “Pertolongan Pertama pada Korban Tenggelam”. Pemateri menyampaikan mengapa materi ini perlu disosialisikan diantaranya siapapun bisa tenggelam walaupun dapat berenang, korban umumnya kesulitan meminta pertolongan dan tentunya dapat membahayakan nyawa. Dalam inti penyampaian materinya, Arlie Irham Yusdika memberikan sejumlah langkah pertolongan pertama yang sebaiknya kita lakukan ketika menangani korban tenggelam, yakni : (1) Mencari bantuan, (2) Angkat korban dari air atau dekatkan korban ke tepian dengan bantuan pelampung dan tali, tongkat panjang dan benda lain yang dapat membantu, (3) Cek pernapasan korban, (4) Melakukan CPR atau cardiopulmonary resiciation, (5) Memberikan nafas buatan, dan terakhir disampaikan beberapa langkah & tindakan ketika korban sudah dalam keadaan sadar.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini