Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum SERASI Pasca Lebaran 2022
Retno Nur Indah
Jum'at, 20 Mei 2022   |   81 kali

SERASI yang merupakan forum diskusi internal dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang pada pekan kedua pasca libur panjang dalam rangka Lebaran tahun 2022 ini dilaksanakan dua hari yakni Selasa dan Kamis. Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan berlangsung selama lebih kurang 30 menit melalui media zoom ini seperti biasa diawali dengan pembacaan doa, penayangan Mars DJKN, laporan kondisi pegawai oleh masing-masing kepala seksi, penyampaian materi, tanya jawab dan yel-yel sebagai penutup.

Selasa (17/05/2022) sebagai pemateri adalah Vicencia Mita Haninditya yang merupakan Pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang. Materi yang disampaikan dengan topic seputar dunia kesehatan “Perbedaan Sunscreen dan Sunblock”. Pemateri mengawali penyampaian materinya dengan menyampaikan latar belakang terkait topik materi yang dibawakan yakni terkait fenomena panas terik yang terjadi belakangan ini dipicu beberapa hal, antara lain posisi semu matahari saat ini berada di wilayah utara ekuator dengan karakteristik tingkat pertumbuhan awan dan hujan akan sangat kurang sehingga cuaca pada pagi menjelang siang hari akan cukup panas. Fenomena ini mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau. Maka ada hal yang perlu diantisipasi dari fenomena tersebut terkait dampaknya terhadap kesehatan utamanya kesehatan kulit. Pemateri dalam penyampaian materinya kemudian menjabarkan mengenai pemakaian sunblock dan sunscreen dalam usaha menjaga kesehatan kulit. Sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan satu dengan lainnya dan pemateri menjabarkannya dihadapan seluruh pegawai KPKNL Singkawang dengan harapan dapat menambah wawasan dan tentunya dapat diaplikasikan dalam menjaga kesehatan kulit dari serangan panas matahari.

Kamis (19/05/2022) adalah giliran Granthis, Pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang, menyampaikan materi Serasi. Materi masih seputar dunia kesehatan yakni “Sarcopenia”. Apa itu sarcopenia? Pemateri menjelaskan bahwa sarcopenia adalah hilangnya masa dan kekuatan otot rangka akibat penuaan. Fenomena ini, menurut pemateri, adalah sangat mengerikan karena akan membuat tubuh semakin tidak berdaya bahkan secara umum dapat mengurangi kualitas hidup bagi manusia. Maka agar ihwal kita terhindar dari resiko tersebut perlu pencegahan sejak dini agar fungsi otot dapat terjaga dengan baik. Selama kesempatan waktu sekitar 30 menit pemateri menjelaskan lebih detail mengenai sarcopenia mulai dari gejala dini, tren penderita berdasarkan usia jenis kelamin dan wilayah, dan diakhiri dengan beberapa tips penting dalam menjaga pola hidup yang baik agar terhindar dari serangan sarcopenia.

Penulis : Gusti

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini