Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum Berbagi Pengetahuan Bulan April
Retno Nur Indah
Kamis, 28 April 2022   |   96 kali

Knowledge sharing, forum berbagi informasi sebagai bagian dari kegiatan learning organization (LO) di KPKNL Singkawang bulan April ini terlaksana setiap hari Rabu selama bulan April tahun 2022. Kegiatan sharing informasi dan diskusi yang diikuti oleh seluruh pegawai dan berlangsung lebih kurang tiga puluh menit ini diadakan lewat media Zoom Meeting sehingga selaras dengan upaya physical distancing guna menekan penyebaran Covid-19.

Rabu (06/04/2022) Knowledge sharing disampaikan oleh Maulana Aji Prakoso, pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang berbagi informasi materi microlearning dengan topik bahasan Kebijakan Akuntansi Aset Tetap dan Penyusutan. Satu setengah jam pemateri menjabarkan mulai dari sub topik perihal Aset Tetap  menyangkut definisi, jenis, pengakuan, pengukuran, penyajian, pengungkapan dan perlakuan khusus. Pembahasan berlanjut dengan penjabaran sub topik lainnya yakni terkait penyusutan. Penyusutan adalah alokasi yang sistematis atas nilai suatu Aset Tetap yang dapat disusutkan (depreciable asset) selama masa manfaatnya.

Rabu (13/04/2022) materi knowledge sharing disampaikan oleh Irianto, pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang, dengan judul “Pelayanan Prima”. Pelayanan prima atau Excellent service adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada stakeholder, sehingga stakeholder menjadi merasa puas. Sedangkan tujuan dari pelayanan prima secara umum yaitu memberikan pelayanan sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para stakeholder. Pemateri juga menjelaskan pelayanan prima dari sisi manfaat yakni sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder atau masyarakat, serta dapat menjadi acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Pada bagian akhir pemateri menyebutkan sekaligus menjabarkan sejumlah karaketristik kualitas dari pelayanan prima.

Rabu (20/04/2022) minggu ketiga bulan April 2022 dengan pemateri Supriyadi, pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang. Materi ringan namun informatif disampaikan dengan judul “Asal Usul Kota Pontianak dan Mitos Sultan Usir Kuntilanak Pakai Meriam”. Menurut pemateri hampir seluruh kota besar di Indonesia menyimpan cerita yang unik dan melegenda terkait dengan sejarah terbentuknya. Pontianak sebagai ibu kota propinsi Kalimantan Barat secara historis didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie, seorang raja pada kerajaan Melayu Pontianak pada tahun 1742. Pemateri mengungkapkan banyak legenda dan mitos menyertai sejarah berdirinya kota Pontianak salah satunya adalah cerita mistis mengenai kuntilanak yang kemudian diyakini diadaptasi pemberian nama kota Pontianak

Rabu (27/04/2022) minggu terakhir bulan April 2022 dengan pemateri Ahmad Taufiq Ramadlan, Pelaksana pada Seksi PKN KPKNL Singkawang. Materi dengan judul “Permintaan, Penawaran dan Harga Pasar” disampaikan lebih kurang 30 menit. Pemaparan dimulai dengan menyampaikan definisi ketiga terminologi tersebut. Pemateri kemudian menyampaikan bahwa dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan jumlah barang. Setelah mengupas materi secara teoritis diskusi makin disemarakkan dengan sesi tanya jawab dengan audience yang lebih banyak mengeksplorasi topik materi dikaitkan dengan kondisi faktual teori ilmu ekonomi masyarakat.

Penulis : Gusti

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini