Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum SERASI Minggu Keempat April 2022
Retno Nur Indah
Kamis, 28 April 2022   |   72 kali

Senin (25/04/2022) SERASI, forum diskusi internal seluruh jajaran di KPKNL Singkawang, pada pelaksanaan hari pertama pekan keempat bulan April 2022 diisi dengan penyampaian materi mengenai Surat Edaran Nomor SE-05/MK.1/2022 tentang Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Di Lingkungan Kementerian Keuangan oleh Eko Budi Hariyanto, Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang. Beberapa kandungan yang diatur dalam surat edaran tersebut disampaikan di hadapan audiens melalui media zoom antara lain Hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H, ketentuan cuti dan WFHb, tindak lanjut pencegahan COVID-19, dan sebagai penutup juga disampaikan mengenai pengendalian gratifikasi dan larangan menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik.

Selasa (26/04/2022) hari kedua adalah giliran Supriyadi, pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang menjadi pemateri. Materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut memanfaatkan momentum hari Kartini yakni “Sejarah Ditetapkan Hari Kartini, Beserta Biografi RA Kartini”. Pemateri dalam awal uraian materinya menyampaikan pengetahuan mengenai Raden Ajeng Kartini atau R.A. Kartini merupakan pahlawan nasional Indonesia yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita. Dimulai dari silsilah, masa kecil, hingga disampaikan perihal riwayat perjuangan beliau dalam memperjuangkan perempuan supaya mendapatkan kebebasan, otonomi, serta persamaan hukum selaku bagian dari gerakan yang lebih luas. Pemateri berujar semangat perjuangan R.A. Kartini sangat relevan dalam konteks kekinian untuk diambil pelajaran sekaligus keteladanannya khususnya bagi kaum perempuan.

Rabu (27/04/2022) hari ketiga materi Serasi disampaikan oleh Maulana Aji Prakoso, pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang, dengan judul “Pertanyaan yang sering muncul
saat pulang lebaran”. Lebaran yang akan tiba dalam beberapa hari lagi. Umumnya lebaran diisi dengan kegiatan silaturahmi baik kepada teman, kerabat maupun sanak famili. Tak jarang dalam proses silaturahmi tersebut terlontar beberapa pertanyaan ringan tapi bagi sebagian orang dirasa cukup membuat gugup. Pemateri memberikan beberapa contoh diantaranya pertanyaan seputar pasangan hidup bagi yang masih single dan banyak lagi. Maka pemateri memberikan sejumlah panduan dalam menjawabnya, tujuannya agar kita dapat menjawab dengan baik dan menghindari interaksi verbal yang berujung pada ketersinggungan.

Kamis (28/04/2022) hari keempat materi serasi dengan judul “Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Liburan” disampaikan oleh Regina Ria Karolina, pelaksana pada Seksi Hukum & Informasi KPKNL Singkawang. Pekan ini diprediksi menjadi puncak arus mudik lebaran tahun 2022 dimana jutaan manusia melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman dalam rangka libur lebaran. Perjalanan dengan rute tempuh yang jauh termasuk ketika mengunjungi destinasi wisata tentunya harus juga mempersiapkan stamina dan daya tahan tubuh yang optimal agar selama liburan daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik. Regina dalam penyampaiannya memberikan sejumlah tips menjaga daya tahan tubuh selama liburan, diantaranya : pastikan sudah mendapat vaksin Covid-19, konsumsi vitamin dan suplemen secara rutin, luangkan waktu untuk berolahraga atau peregangan setiap hari, dan dapatkan tidur yang berkualitas. 

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini