Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum SERASI Minggu Ketiga April 2022
Retno Nur Indah
Jum'at, 22 April 2022   |   89 kali

SERASI, Setiap Hari Penuh Inspirasi dan Motivasi, forum diskusi internal bagi seluruh jajaran di KPKNL Singkawang telah terlaksana hingga pekan ketiga Bulan April 2022. Forum diskusi SERASI pada pekan ketiga ini terlaksana pada hari Senin hingga Kamis dengan menghadirkan tema diskusi yang ringan, informatif sekaligus mengandung motivasi bagi seluruh audience pegawai KPKNL Singkawang

Senin (18/04/2022) SERASI diadakan pada hari pertama pekan ketiga dengan berbagi informasi mengenai “Jenis-jenis Kue Lebaran” oleh Arifin, Pejabat Fungsional Pelelang KPKNL Singkawang. Kue khususnya kue kering merupakan makanan khas yang tidak bisa dilepaskan dari suasana perayaan lebaran. Pada kesempatan tersebut, pemateri menyampaikan beberapa jenis kue kering yang sudah sangat popular utamanya ketika menyambut perayaan hari lebaran, diantaranya : kue kering keju, kue kering kacang tanah, kue kering putri salju dan masih banyak lagi. Dalam penyampaiannya pemateri juga menginformasikan terkait lelang produk UMKM oleh KPKNL Singkawang dengan objek lelang berupa sejumlah produk UMKM khususnya kue kering di wilayah satuan kerja KPKNL Singkawang. Pemateri sekaligus mengajak audience untuk mensukseskan sekaligus menyemarakkan kegiatan lelang tersebut yang merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam usaha pemberdayaan UMKM.    

Selasa (19/04/2022) materi SERASI disampaikan oleh Dhyan Virawan Suhendra, Pejabat Fungsional Penilai KPKNL Singkawang, dengan judul “Peterpan & Cinderella Cyndrome”. Sindrom apakah yang dimaksud? Pemateri menjelaskan bahwa Sindrom Peter Pan adalah sikap orang dewasa yang secara psikologis, sosial, dan seksual tidak menunjukkan kematangan. Pria dewasa sudah seharusnya dapat hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Namun, pria dengan sindrom Peter Pan memiliki sifat sebaliknya. Mereka tidak bersikap sesuai dengan usianya, yakni cenderung tidak mandiri dan sangat kekanak-kanakan, sama seperti tokoh Peter Pan yang ada dalam cerita fiksi. Sedangkan  sindrom Cinderella Complex sebagai sebuah keinginan di bawah ketidaksadaran untuk diurus oleh orang lain atau keadaan yang dialami seorang perempuan di mana ia sangat ingin dilindungi dan membutuhkan seorang pria sebagai tameng dalam kehidupannya.

Rabu (20/04/2022) diskusi SERASI diisi dengan penyampaian materi oleh Decky Fitriadi, Pejabat Fungsional Penilai KPKNL Singkawang. Materi dengan judul “5 Fakta Menarik Tentang Mudik Lebaran 2022”. Pemateri menyamapaikan fakta menarik berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pegipegi pada tanggal 18-30 Maret 2022 kepada 600 responden yang tersebar diseluruh Indonesia terkait momen mudik lebaran tahun 2022. Fakta menarik salah satu diantaranya adalah sebanyak 80% responden menyatakan berencana melakukan mudik lebaran 2022. 

Kamis (21/04/2022) diskusi SERASI pada hari Kamis diawali dengan pemutaran lagu Ibu Kita Kartini untuk merayakan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.  SERASI kembali membahas topik mudik namun kali ini mengupas perihal sejarah dan asal-usulnya dengan pemateri Irianto, Pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang. Saat perayaan hari besar keagamaan semisal lebaran masyarakat selalu disibukkan dengan aktivitas pulang kampung atau mudik. Mudik merupakan aktivitas yang sudah sejak lama dilakukan. Pemateri mengungkapkan beberapa sumber terkait sejarah, makna, dan filosofi yang terkait mudik dihadapan seluruh audience sebagai tambahan pengetahuan ditambah beberapa tips mudik agar lancar dan aman khususnya bagi sebagian besar pegawai yang akan melakukan mudik lebaran tahun 2022. (gusti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini