Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Proses Pemusnahan Arsip Inaktif KPKNL Singkawang Tahun 2020
Velient Vinandha
Senin, 22 Februari 2021   |   211 kali

Jumat (19/02/21) KPKNL Singkawang melalui Subbagian Umum melakukan pemusnahan arsip inaktif KPKNL Singkawang tahun 2020. Pelaksanaan kegiatan pemusnahan arsip dilakukan secara seremonial melalui zoom meeting dengan menampilkan siaran langsung proses pemusnahan arsip di lokasi pemusnahan yang bertempat di Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Singkawang. Selain karna lokasi yang tidak terlalu jauh, pelaksanaan pemusnahan arsip yang dilakukan pada Rupbasan Singkawang merupakan salah satu bentuk sinergi antar instansi, dimana Rupbasan sendiri juga telah sering melakukan pemusnahaan barang seperti pemusnahan barang tegahan milik Kantor Bea Cukai. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pegawai bagian umum kantor pusat DJKN, Perwakilan Subbagian Kearsipan Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkeu dan perwakilan Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Pada pukul 07.00 WIB Domas Meida selaku koordinator pada lokasi pemunahan arsip, beserta tim pemusnahan arsip yang terdiri dari perwakilan pegawai pada tiap seksi dan beberapa pegawai PPNPN, menuju lokasi pemusnahan arsip membawa arsip yang akan dimusnahkan dengan menggunakan 3 (tiga) mobil dinas KPKNL Singkawang. Tepat pada pukul 07.30 kegiatan dimulai, dibuka dengan penayangan MARS DJKN oleh Lunda Nine selaku master of ceremonies kegiatan pemusnahan arsip pada hari ini. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dimas Imam selaku Ketua Koordinator Pemusnahan dan Penghapusan Arsip. Dalam sambutannya Dimas juga penyampaikan dalam pelaksanaan pemusnahan arsip pada hari ini terdapat 2.918 arsip, terdiri 36 bendel dari seksi pelayanan pengelolaan kekayaan negara, 2.719 bendel dari seksi pelayanan penilaian, 24 bendel dari seksi pelayanan lelalng, 112 bendel dari seksi pelayanan piutang negara, 4 bendel dari seksi hukum dan informasi, 7 bendel dari seksi kepatuhan internal dan 79 bendel dari subbagian umum yang dimusnahkan dengan cara dibakar, pelaksanaan kegiatan pemusnahan arsip KPKNL Singkawang bekerja sama dengan Rupbasan Singkawang untuk prasarana pemusnahan arsip. Sambutan selanjutnya dilakukan oleh panitia penilai arsip kementerian keuangan, yaitu Sambutan oleh Umi Jariyah dari Biro Umum Sekretariat Jenderal. Kemudian dilanjutkan serah terima arsip inaktif dari masing masing perwakilan seksi kepada tim pemusnahan untuk kemudian dilakukan pemusnahan arsip dengan cara dibakar. Pemusnahan arsip ini dilakukan kurang lebih selama 2 (dua) jam, petugas tim pemusnahan, baik dari tim pemusnahan KPKNL Singkawang maupun tim dari Rupbasan turut memastikan pelaksanaan pembakaran dilakukan secara tuntas pada semua arsip, dengan mengaduk arsip pada bagian bawah tumpukan arsip, sehingga dapat dipastikan arsip yang dimusnahkan benar benar terbakar semua. Dosen Sinaga selaku Kepala Rupbasan Singkawang juga merasa senang dengan adanya kerjasama ini, semoga kedepannya dapat dilakukan kerjasama yang lebih baik lagi.

Pemusnahan arsip merupakan kegiatan yang wajib dilakukan pada arsip yang sudah tersimpan dalam kurun waktu tertentu dan dengan syarat tertentu sesuai dengan peraturan perundang undangan, namun Eri selaku Arsipan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara juga menyarankan untuk melakukan digitalisasi arsip dengan melakukan dokumentasi pada arsip arsip bersejarah dalam KPKNL seperti risalah lelang pertama KPKNL, sehingga adanya nilai heritage dari arsip tersebut apabila data tersebut dibutuhkan nantinya untuk mengingat sejarah dalam KPKNL Singkawang. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini