Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Penagihan secara langsung oleh Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang
Velient Vinandha
Senin, 22 Februari 2021   |   153 kali

Singkawang – Kamis (18/02) Tim dari KPKNL Singkawang yang terdiri atas Parwoto selaku kepala seksi Piutang Negara dan bersama staf dari seksi Piutang Negara Supriyadi. Selain itu juga didampingi oleh Lilis petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan kegiatan kali ini adalah melakukan pengaihan secara langsung (door to door) kepada para debitur yang merupakan penyerahan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Kalimantan Barat. Lokai penagihan berada di Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas namun terpencear pada beberapa desa. Perjalanan kali ini cukup berliku mengingat kondisi jalan yang tidak semuanya beraspal dan masih ada yang berupa jalan tanah pasir dan batu, Namun hal ini tidak menyurutkan langkah tim untuk melakukan penagihan secara langsung demi progress yang positif dari pengurusan piutang Negara  

Berkas Kasus Piutang Negara yang dilakukan pengurusannya kali ini berasal dari Penyerah piiutang  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Unit Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Propinsi Kalimantan Barat sebanyak 6 debitur dan merupakan penyerahan tahun 2006. Jumlah sisa hutang debitur tersebutpun bervariasi antara 30 sampai 40an juta Rupiah. Dana ini sebelumnya adalah dana pindajaman dari Dinas Pertanian untuk modal kerja kelompok tani di Kabupaten Sambas. Dengan harapan para petani bisa lebih produktif lagi dalam menambah produksi hasil pertanian. Namun terdapat beberapa debitir yang belum melunasi pinjaman tersebut hingga saat ini sehingga Dinas Pertanian terkait menyerahkan pengurusan piutangnya kepada KPKNL Singkawang. Beberapa tahapan pengurusan piutang negara telah dilalui dimulai dari Surat Panggilan I dan II, tetapi para debitur tidak merespon surat panggilan tersebut.

           Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang berinisiatif untuk melakukan penagihan ke lapangan secara langsung (door to door) dengan pendampingan dari pihak penyerah piutang mengingat usaha dengan penyampaian surat pangilan tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Perjalanan dinas dilaksanakan tanggal 18 Februari 2020 ke Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas. Mengingat umur berkas piutang negara yang cukup lama terkadang terdapat ketidak sesuaian antara alamat yang tercantum dengan kondisi dilapangan, hal ini pulalah yang mungkin menyebabkan surat panggilan tidak sampai kepada debitur. Penagihan dilakukan secara langsung dari pintu ke pintu. Dalam melakukan penagihan, seksi Piutang Negara melakukan langkah persuasif dalam melkaukan pembicaraan dengan debitur sehingga tidak terjadi suasana yang terkesan mengintimidasi debitur, karena jika debitur merasa diintimidasi sudah barang tentu akan tercipta kondisi yang tidak baik dan tujuan melakukan penagihan bisa tidak tercapai sesauai dengan harapan. Setelah dilakukan pendekatan secara persuasif dan tanpa intimidasi, 5 debitur yang dikunjungi oleh Tim  saat itu juga melakukan pembayaran angsuran. Berkat usaha dan kerjasama dari Tim  KPKNL SIngkawang dan dibantu pihak penyerah piutang maka terkumpul dana sebesar Rp12.200.000,00 yang merupakan hasil penagihan kali ini. Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan kunjungan langsung seperti ini akan menimbulkan rasa kooperatif dan kesadaran dari pihak debitur untuk segera melunasi hutangnya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini