Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Pelaksanaan FGD “Program PEN dan APBN 2021” dan Knowledge Sharing
Velient Vinandha
Rabu, 16 Desember 2020   |   132 kali

Selasa (08/12/20) KPKNL Singkawang mengadakan Forum Group Disscusion Pejabat Administrator dengan tema “Program PEN dan APBN 2021 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi” melalui media zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas pegawai untuk berbagi ilmu.  

Permasalahan perekonomian seperti krisis perekonomian global, krisis utang, tekanan domestik, isu geopolitik dan perang dagang sudah menjadi tantangan ekonomi yang dihadapi beberapa tahun kebelakang. Pada tahun ini kita kembali dihadapkan dengan tantangan perekonomian, berbeda dengan tahun sebelumnya krisis perekonomian yang saat ini sedang melanda belum pernah terjadi sebelumnya, covid19 yang saat ini melanda tak hanya mengguncang aspek perekonomian saja, tetapi juga menyebabkan krisis kesehatan karena penyebaran virus yang begitu pesat, belum ditemukannya vaksin dan keterbatasan tenaga medis pada sektor sosial, krisis sosial terjadi ketika aktifitas perekonomian terhenti yang berdampak pada berkurangnya penyerapan tenaga kerja diberbagai sektor sedangkan pada sektor perekonomian kinerja ekonomi menurun tajam, konsumsi terganggu, ekspor impor dan investasi terhambat. Kita memang tidak dapat memprediksi keadaaan dimasa depan, tekanan ekonomi yang bagaimana yang akan terjadi, tetapi pemulihan ekonomi sudah mulai terasa pada triwulan 3, sebagian besar sektor produksi sudah mulai bangkit agar pemulihan ekonomi terus baik diperlukan dorongan yang kuat dari berbagai pihak pelaku ekonomi.

Pemerintah telah menyiapkan langkah responsif dalam menghadapi dinamika APBN dimasa pandemik yang tertuang dalam PERPU 1/2020 yang terbit tanggal 31 Maret 2020 dan UU 2/2020 yang terbit 18 Mei 2020 sebagai dasar hukum bagi pemerintah untuk menyesuaikan kebijakan fiskal, Perpres No 54/2020 Ekspansi fiskal untuk mengakomodir kebijakan extraordinary dengan defisit APBN, Perpres No 72/2020 berupa respon pemerintah pada penanganan pandemi dalam menjaga stabiliitas ekonomi dan sistem keuangan serta berjalannya program PEN. Kebijakan stategis APBN 2021 mendukung akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi pada pendidikan  sebesar 550 T, kesehatan sebesar 168.7T, Infrastruktur sebesar 417.8T, ketahanan pangan 99T dan pariwisata 15T.

Setelah penyampaian FGD oleh Kepala KPKNL Singkawang, Odyses Medwan Sinurat, kegiatan dilanjutkan dengan knowledge sharing. Knowledge sharing pertama dilakukan oleh Vicencia Mita dengan tema langkah langkah pembayaran tagihan diakhir tahun. Ada beberapa tahapan kegiatan dalam penyelesaian pembayaran tagihan diakhir tahun seperti SPM UP/TUP/GUP, SPM-LS Pembayaran Honorarium dan PPNPN Bulan Desember, SPM GU Nihil dan penyetoran sisa UP/TUP Tunai. Pengajuan SPM berakhir pada tanggal 7 Desember 2020 untuk itu pengajuan berkas LPT maksimal pada tanggal 4 Desember 2020 untuk menghitung realisasi apakah masih ada kebutuhan uang tunai pengganti, apabila diperlukan pengajuan GUP dilakukan pada tanggal 7 Desember 2020. Apabila ada tagihan diatas tanggal 7 Desember, pembayaran tetap dapat dibayarkan tetapi apabila melebihi 18 Desember pembayaran sudah tidak dapat dibayarkan lagi karena bendahara pengeluaran harus melaporkan GUP-Nihil  dan menyerahkan sisa uang persediaan.

Knowledge sharing kedua dilanjutkan oleh Regina Ria dengan materi dasar – dasar komunikasi didepan publik. Dalam sebuah presentasi pembawa acara memiliki peran penting sebagai pembawa materi  agar materi yang diberikan dapat dimengerti oleh audience. Interaksi yang baik antar audience dan pembawa materi akan meningkatkan kualitas presentasi. Dari adanya interaksi tersebut menandakan  bahwa audience ikut memperhatikan materi yang disampaikan. Hal yang perlu diperhatikan pertamakali dalam berbicara di depan publik adalah membangun kesan pertama, berikan kehangatan dan dapat dipercaya pada saat kesan pertama. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini