Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Penyerahan DIPA Petikan 2021 di KPPN Singkawang dengan tema Akselerasi Pemulihan Ekonomi dan Tranformasi Ekonomi
Velient Vinandha
Kamis, 10 Desember 2020   |   123 kali

Singkawang – Jumat (04/12) Kepala KPKNL Singkawang menghadiri acara penyerahan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2021 satuan kerja Mitra KPPN Singkawang oleh Walikota Singkawang. Tema APBN kali ini adalah akselerasi pemulihan ekonomi dan transformasi ekonomi. Hal ini merupakan tindaklanjut dalam kegiatan penyerahan DIPA yang diawali oleh Bapak Presiden kepeda Kementerian/Lembaga  dan  Gubernur seluruh Indonesia di istana Negara pada tanggal 25 November 2020.  Selanjutnya Bapak Gubernur Kalbar pada tanggal 30 November 2020 juga telah melakukan kewajibannya menyerahkan DIPA Petikan pada 30 November 2020 kepada Bupati, walikota dan Para Kakanwil instansi vertikal Kementerian/Lembaga yang ada di Propinsi Kalimantan Barat. Penyerahan DIPA merupakan kegiatan rutin tahunan yang bersifat seremonial dan tahun ini suasananya terasa berbeda, tidak semua satuan kerja mitra KPPN Singkawang bisa hadir pada acara ini. Bagi satker di Kabupaten sambas dan Kabupaten Bengkayang mengikuti acara penyerahan DIPA Petikan secara online. Sedianya Walikota SIngkawang Ibu Tjhai Chui Mie yang diagendakan menyerahkan DIPA Petikan. Namun karena beliau  berhalangan maka penyerahan dilakukan oleh Wakil Walikota SIngkawang Bapak Irwan. Meskipun demikian tetap tidak mengurangi nuansa sakral seremonial seperti lazimnya.

“Tahun depan 2021 memang penuh ketidak pastian dan pandemi belum ada tanda akan berakhir namun kita harus tetap menjaga semangat dan mengisinya dengan pembangunan yang direfleksikan dalam rencana kerja berupa angka-angka yang tercantum dalam DIPA” demikian disampaikan oleh Kepala KPPN Singkawang Bapak Bustomi mengawali sambutannya. Pada kegiatan ini disampaikan lansung DIPA Petikan kepada 28 Kuasa Pengguna Anggaran untuk satker yang ada di Kota Singkawang yang hadir langsung mengikuti acara ini. Selanjutnya Bapak Bustomi juga menyampaikan sesuai data per 30 November 2020 sebanyak 86 satker telah melaksanakan penyerapan dana  84,14 %   dari 1,6 Triliun. Sehingga masih ada sisa Rp 254,6 miliar yang harus diserap sampai 30 Desember 2020. Sehingga satker harus memacu staf keuangannya agar dapat melakukan penyerapan dana secara maksimal disisa 14 hari bulan ini. Terdapat indikator yang digunakan untuk menilai kinerja satker dalam pelaksanaan anggaran yang pertama penyerapan anggaran yang sangat bagus, revisi DIPA, deviasi halaman III DIPA, pagu minus, data kontrak,LPJ, dispensasi, penyelesaian, tagihan, pencapaian output, retur, perencanaan kas, dan kesalahan SPM. Dengan penyerapan yang sangat baik sesuai data pada KPPN SIngkawang, hal ini menunjukkan tidak ada masalah dalam pengelolaan APBN tapi memang sempat terdapat perlambatan dalam penyerapan anggaran di Q2 tapi di Q3 penyerapan anggaran sudah mulai naik lagi. Pada kesempatan ini juga dilakukan apresiasi berupa penyerahan penghargaan bagi satker yang masuk dalam kategori yaitu IKPA terbaik dan kinerja penyusunan laporan keuangan terbaik.

Selain itu angka sementara DIPA tahun 2021 yang tercatat di KPPN Singkawang untuk disalurkan sekitar 1 Triliun Rupiah bagi instansi vertikal. Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan oleh satker guna pelaksanaan anggaran di tahun 2021 yaitu dengan mengupdate aplikasi yang akan digunakan di tahun 2021, menyelesaikan penyampaian SPM untuk gaji januari 2021, Fotokopi SK pengelola anggaran, menyampaikan spesimen, penyelesaian UP, TUP LPJ bendahara pengeluaran, dan melakukan rekonsiliasi 31 Desember 2020. Untuk penyerahan DIPA memang diserahkan di tahun sebelumnya, hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa serta untuk mempercepat aktivitas belanja penyerapan anggaran. Mengakhiri pemaparannya Kepala KPPN Singkawang berpesan bahwa di awal tahun satker harus sudah melakukan rencana penarikan dana secara proporsional. Tahun anggaran 2020 sebentar lagi berakhir dan tahun 2021 sudah didepan mata, tugas berat menanti. Mari kita bersama meningkatkankan sinergi bahu membahu dan saling mendukung sesuai tusi masing – masing dan ikut berperan aktif dalam pembangunan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini