DJKN telah menginjak usianya yang ke-14 di tahun
2020, berbagai acara digelar untuk menyemarakkan HUT ke-14 DJKN. Gerai Layanan
Virtual (GLV) salah satu rangkaian acara yang digelar serentak pada Kamis, 12
November 2020 dari jajaran Kantor Pusat
DJKN, Kantor Wilayah hingga Kantor Vertikal di seluruh Indonesia yang ditujukan
sebagai media komunikasi DJKN dengan stakeholder secara virtual. Acara
ini terbagi menjadi 2 (dua) gelaran, yaitu pembukaan secara tepusat oleh Kantor
Pusat DJKN dan GLV oleh kantor vertikal.
Dalam sesi pembukaan, Dirjen
Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata mengungkapkan bahwa DJKN berkomitmen untuk
senantiasa melakukan inovasi guna meningkatkan kualitas dan mutu layanan yang
diberikan kepada pemangku kepentingan dan pengguna jasa DJKN. “Kegiatan ini
dimaksudkan sebagai saranan penunjang untuk memudahkan segenap komponen unit kerja dalam berkolaborasi dan
melakukan komunikasi secara efektif”. Isa menambahkan, adanya GLV ini merupakan
salah satu inovasi dalam menciptakan service
excellence dan diharapkan dapat menjadi embrio lahirnya virtual office dan digitalisasi dalam
proses bisnis DJKN kedepannya. Pada sesi ini, beberapa stakeholder terpilih
dari Sabang sampai Merauke berkesempatan berbincang langsung dengan Dirjen
Kekayaan Negara.
Dalam gelaran GLV kantor
vertikal, KPKNL Singkawang turut menyemarakkan dengan rangkaian acara Knowledge Sharing : “How to be a Good
Bidder” dan Stakeholder Awards. Menghadirkan
Dwi Riskon, Kasi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Singkawang, yang berbagi
informasi dan pengalaman dalam mengikuti proses lelang online (e-auction) serta
memberikan tips bagaimana menjadi penawar lelang “Yang Pasti Menang”. Stakeholder yang diundang nampak
antusias saat knowledge sharing
berlangsung.
Kegiatan GLV dan knowledge sharing ini adalah satu upaya
KPKNL Singkawang untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dengan memberikan
sumbangsih dalam pelayanan kekayaan negara dan lelang bagi setiap pengguna jasa
dan turut mengedukasi stakeholder
untuk ambil bagian dalam kegiatan e-auction
sehingga berkontribusi dalam pemasukan PNBP.
Sebagai bentuk apresiasi
terhadap stakeholder, KPKNL
Singkawang menganugerahkan beberapa penghargaan terbaik kepada stakeholdernya
dalam gelaran Stakeholder Awards.
Diantara penghargaan tersebut adalah Penatausahaan Dokumen pada Aplikasi Pengelolaan BMN
Lengkap dan Rapi (Polres Sambas), Permohonan dan Konsultasi Pengelolaan BMN Terbanyak
(Politeknik Negeri Sambas), Penyumbang PNBP Terbesar melalui Pengelolaan BMN (KPPBC
TMP C Jagoi Babang), Penerbitan Sertifikat Tanah BMN Tepat Waktu dan Terbanyak
dan Ketepatan Waktu (BPN Sambas), Pengajuan Piutang Terbanyak (Disperindagkop
& UKM Kota Singkawang), Pengajuan Permohonan Lelang dengan Tingkat Laku
Tertinggi (Bank BRI Kantor Cabang Singkawang) dan Penyumbang PNBP dari Lelang
Paling Besar (Bank BCA Kantor Cabang Singkawang).
Gerai Layanan
Virtual ini menjadi media bagi KPKNL Singkawang untuk memperkuat sinergi dan
jalinan komunikasi yang
efektif di tengah Pandemi Covid-19. KPKNL Singkawang pada kesempatan ini juga
berusaha mendengar dan mengakomodir setiap masukan yang membangun dari stakeholder yang hadir. Para undangan
yang hadir secara daring pun juga menyampaikan harapannya agar hubungan baik
yang terjalin dengan KPKNL Singkawang terus ditingkatkan.
Ditulis oleh: Ayu Seger
Miranda P
Pelaksana KPKNL Singkawang