Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Artikel
Semangat Lelang UMKM KPKNL Singkawang
Regina Ria Karolina
Jum'at, 04 Maret 2022   |   163 kali

    Menjadi salah satu kota dengan predikat paling toleransi di Indonesia, tentu membuat daya tarik tersendiri bagi Kota Singkawang. Dengan luas wilayah 504 km2, yang dibagi menjadi 5 (lima) kecamatan, kota ini menawarkan sudut pandang keberagaman budaya yang sangat menarik. Terdapat 3 (tiga) budaya terbesar Kota Singkawang yang dikenal dengan singkatan Tidayu alias Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Ketiga budaya ini hidup berdampingan dilengkapi dengan berbagai latar belakang agama yang dianut. Kebanyakan rumah ibadah dibangun berdekatan dan setiap perayaan keagamaan dan kebudayaan dirayakan meriah dengan hiasan di berbagai sudut kota. Dengan pola interaksi masyarakat yang saling menghormati, kota ini menjadi menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

    Hal tersebut yang membuat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang sebagai salah satu kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melihat peluang untuk menggali potensi budaya di Kota Singkawang dan sekitarnya. Setelah sukses mengadakan Kedai Lelang UMKM di tahun 2021, KPKNL Singkawang kembali menggali berbagai potensi budaya dan benda-benda serta kuliner khas dari wilayah kerjanya yaitu Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, serta Kabupaten Mempawah untuk dapat diikutsertakan dalam lelang UMKM tahun 2022.

    Seperti yang kita tau, bahwa di masa pandemi ini, pemerintah terus berupaya meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat khususnya UMKM. Untuk itu DJKN melalui kantor vertikal atau KPKNL di berbagai daerah berusaha memfasilitasi para pengusaha UMKM melalui kegiatan Lelang UMKM menggunakan situs/aplikasi lelang.go.id.

    Di tahun 2022 ini, KPKNL Singkawang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Kota Singkawang berusaha terus menggali potensi kerajinan yang dapat dikenal dan dipasarkan dalam lelang UMKM selanjutnya. Terdapat kerajinan seperti olahan kain ecoprint, kain tenun, berbagai kerajinan keranjang, serta berbagai jenis kuliner khas kota Singkawang seperti kopi, minuman limun, kue, dan sebagainya yang akan mengikuti ajang lelang UMKM.

    Selain itu, para Pelelang dari KPKNL Singkawang juga melakukan kegiatan penggalian potensi lelang ke wilayah kerja lainnya. Para Pelelang tersebut mengunjungi 3 (tiga) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) lain di wilayah kerja KPKNL Singkawang yang lain, yakni Dekranasda Kabupaten Sambas, Dekranasda Kabupaten Bengkayang, dan Dekranasda Kabupaten Mempawah. Penggalian potensi ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada pihak Dekranasda mengenai lelang UMKM serta menawarkan kerjasama agar produk-produk daerah tersebut dapat dipasarkan dan dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui kegiatan lelang UMKM. Respon yang didapatkan dari koordinasi ini juga berlangsung baik sehingga diharapkan dapat menjadi kerjasama berkelanjutan di kedua belah pihak.

    Dengan semakin banyaknya pengusaha UMKM yang tertarik dalam kegiatan lelang UMKM, diharapkan masyarakat Indonesia dapat mengetahui keberagaman budaya negaranya lebih dalam melalui beragam kerajinan dan panganan yang ditawarkan. 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini