Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Berita
Rekonsiliasi Makin Menyenangkan dengan SIMAN
N/a
Rabu, 20 Januari 2016   |   1129 kali

Singaraja - Pada 4 - 15 Januari 2016, Anjungan Pelayanan Terpadu (APT) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja lebih ramai daripada hari-hari biasanya. Senyum ramah dan ucapan selamat datang seluruh Tim Rekon menyambut kedatangan  satker yang hendak melaksanakan Rekonsiliasi dan pemutakhiran Data Barang Milik Negara (BMN) Semester II dan tahunan TA 2015 di KPKNL Singaraja. Rekonsiliasi BMN merupakan agenda rutin para Operator SIMAN yang dijadwalkan pada Minggu pertama setiap awal Semester berjalan.

Pelaksanaan Rekonsiliasi kali ini telah sepenuhnya menggunakan aplikasi SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) pada menu Pemutakhiran Data. Hebatnya lagi, Rekonsiliasi oleh Satker dapat dilakukan secara mandiri dengan menggunakan SIMAN. Setiap user yang telah teregistrasi menyusun draft Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) menggunakan SIMAN  Pengguna, selanjutnya KPKNL melakukan analisis melalui SIMAN Pengelola kemudian memberikan nomor BAR secara online. Apabila pengajuan BAR sudah disetujui, maka satker mencetak BAR tersebut untuk dibawa ke KPKNL serta ditandatangai oleh KPKNL. Begitu mudahnya rekon dengan SIMAN, lebih mudah rekon tahun ini daripada tahun kemarin. “Rekon lebih mudah dan hemat waktunya”, ujar salah satu petugas satker yang hadir 

Di bawah kendali Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Agus Dwi Martono, jauh sebelum Rekon Smester II dimulai KPKNL Singaraja telah menyusun strategi untuk menghadapi Rekon kali ini. Dengan persiapan yang matang ditambah mengajak Tim Rekon BMN Singaraja mengantisipasi membludaknya kedatangan para satker. Agar waktu lebih efisien dan hasilnya maksimal metode yang disusun dengan cara membagi kedatangan 191 Satker sesuai jadwal yang telah ditetapkan mulai tanggal 04 hingga 15 Januari 2016. Tim Rekon terdiri dari 10 orang petugas dimulai dari Petugas Penyambut Tamu, Petugas Administrasi hingga Petugas Rekon bahu membahu melaksanakan tugas  penuh bersemangat.

Di sela-sela kesibukannya,  Agus DM, begitu panggilan akrabnya mengungkapkan “Sistem aplikasi SIMAN sudah lebih baik daripada tahun lalu, walaupun rekon kali ini masih  terdapat kendala terutama masalah jaringan, namun demikian, koneksinya masih lebih cepat daripada tahun lalu” ujarnya.  Agus DM mengapresiasi Tim helpdesk kantor pusat dan salut terhadap tim Rekon yang senantiasa siap sedia menangani permasalahan Satker. “Terima kasih untuk tim helpdesk kantor pusat, karena membantu setiap permasalahan yang kami sampaikan”, tambah Agus sambil tersenyum lebar. 

Meski hingga saat ini belum mencapai angka 100% dari 183 satker yang melaksanakan rekon, namun angka tersebut optimis dapat dikejar secepatnya.  Bagi satker di wilayah Karangasem yang belum sempat untuk datang melaksanakan Rekon, KPKNL Singaraja bekerja sama dengan KPPN Amlapura mengadakan Rekon dalam Layanan Satu Atap bertempat di KPPN Amlapura. “Tim Rekon KPKNL Singaraja yang selalu siap  bekerja demi tertibnya pengelolaan aset negara.  Singaraja selalu OK”, tambah Agus  sambil menunjukkan  kedua jempolnya, mengakhiri dialognya. (Penulis/fotografer : Eca./Danang S)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini