Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Berita
Bimbingan Teknis Cara Tepat Atas Masalah
N/a
Jum'at, 19 Juni 2015   |   949 kali

Singaraja - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) berikut persiapan rekonsiliasi dan pemutahiran data BMN semester I Tahun 2015 mulai tanggal 9 sampai dengan 12 Juni 2015 di Singaraja. Kegiatan ini dihadiri oleh wakil dari Satuan Kerja di wilayah Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng.

Dalam sambutanya Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Dodik Heru Nugroho menyampaikan serangkaian kalimat untuk menambah semangat para peserta. “Kami sengaja mengundang para Kepala Subbagian Umum pada setiap Satuan kerja, agar mengetahui peran dan fungsinga didalam mensukseskan penggunaan Aplikasi SIMAN di Instansi masing-masing,” ujar Dodik. “Bimbingan teknis perlu dilaksanakan, sehingga sedini mungkin hambatan yang dialami oleh setiap Satker dapat diketahui, disamping untuk menyamakan pemahaman terhadap sistem aplikasi SIMAN,” tegasnya seraya menyapa seluruh peserta di awal pertemuan.

Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses pengelolaan BMN. Pengelolaan BMN meliputi perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan, penatausahaan, penghapusan, dan pemindahtanganan aset negara berbasis internet yang dapat diakses oleh Penggelola dan Pengguna BMN. Pada era digitalisasi aplikasi ini digunakan untuk menciptakan trobosan-terobosan di dalam mewujudkan optimalisasi penerimaan, efesiensi pengeluaran dan efektifitas pengelolaan Kekayaan Negara yang merupakan salah satu dari misi DJKN. Oleh karenanya harus mendapat dukungan sepenuhnya dari Satker sebagai pengguna barang maupun Pengelola Barang Milik Negara. Serangkaian kalimat itu disampaikan oleh Dodik,  pria asal Jawa Timur yang mempunyai hobi olah raga ini, sebelum memberikan ulasan materinya.

Pada awal kegiatan Tim sosialisasi membagikan soal refreshment test kepada seluruh peserta yang berisikan pertanyaan terkait peraturan dan prosedur pengelolaan Barang Milik Negara. “Refreshment test yang kami adakan hanya sebagai ukuran sejauh mana para peserta  mengetaui hal-hal terkait pengelolaan BMN. Nanti ada hadianya,”  celoteh salah satu petugas tim sosialisasi. Sehingga suasana berubah menjadi ceria yang pada awalnya tegang disaat dibagikan soal tes tersebut.

Sebelum disampaikan materi oleh salah satu anggota tim Sosialisasi, Nur Abadhi mengenai hal-hal yang diperlukan dan dilengkapi untuk menggunakan SIMAN dan cara melakukan pendaftaran user sampai dengan proses pelaksanaan Rekonsiliasi BMN. Terlebih dahulu Dodik menjelaskan secara detail tujuan dikembangkanya aplikasi SIMAN dan menjelaskan fitur-fitur aplikasi SIMAN yang saat ini perlu diketahui.  Pada kegiatan ini hanya dua fitur dari sepuluh fitur yang terdapat di Aplikasi SIMAN yang diulas secara mendetail.  Adapun fitur-fitur yang dijelaskan adalah fitur Master Aset dan fitur Pemutahiran Data. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan dan kendala pada saat rekonsiliasi BMN semester I Tahun 2015.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan teknis berlangsung dengan lancar, tergambar dari antusias pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Dengan memberikan penjelasan melaui bimbingan teknis ini diharapkan seluruh Satker akan dapat menggunakan Aplikasi SIMAN pada Rekonsiliasi BMN mendatang yang akan diadakan pada awal bulan Juli. (Penulis/foto : Seksi PKN/ Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini