Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Berita
Extravaganza Oeang Tahun 2022, Kolaborasi Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional
Dyah Tri Wahyuni Rosyidah
Kamis, 20 Oktober 2022   |   168 kali

Surabaya,– Rabu, 19 Oktober 2022, Rionald Silaban, Direktur Jenderal Kekayaan Negara membuka kegiatan Extravaganza Hari Oeang 2022 di Atrium Tunjungan Plaza 6, Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Oeang ke 76.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara mengapresiasi kegiatan-kegiatan inovatif yang telah dilakukan oleh Kehumasan Kanwil DJKN Jawa Timur dalam rangka menyambut Hari Oeang ke 76 kali ini. Rionald juga menyampaikan bahwa digitalisasi penyelenggaraan lelang merupakan salah satu bentuk adaptasi sistem birokrasi, dalam hal ini DJKN, dalam menghadapi perubahan dunia selama pandemi. Pelaksanaan lelang yang dulunya dilaksanakan secara konvensional dengan penawaran langsung tatap muka, sekarang pelaksanaan lelang dapat diakses dimana saja melalui gadged dengan mengakses lelang.go.id.

Masyarakat dapat mengikuti lelang dimana saja dan kapan saja sesuai dengan jadwal lelang yang telah ditetapkan. Peran aktif lelang bekerjasama dengan para pelaku UMKM juga merupakan bentuk nyata dari peran DJKN dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. Kolaborasi dengan para pelaku UMKM tentu akan memberikan pasar lebih luas dan terbuka kepada pelaku UMKM, dan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat di Indonesia, meskipun tidak satu daerah tidak satu provinsi sekalipun. Lelang UMKM yang telah  diselenggarakan oleh KPKNL Sidoarjo pada Agustus 2022 lalu, pembeli lelang berasal dari Manado, barang yang dibeli melalui lelang berupa tas dan jaket kulit, produksi UMKM Tanggulangin, Sidoarjo.

Sampai dengan awal Oktober 2022, lelang telah menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar 640,12 Milyar rupiah, dari nilai pokok lelang sejumlah 24,33 trilyun rupiah. Harapannya kegiatan extravaganza di Jawa Timur dapat lebih memperkenalkan lelang dan dapat menggerakkan roda ekonomi nasional lebih besar lagi dengan mengaktifkan kerjasama dengan lebih banyak ratusan ribu UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Kanwil DJKN Jawa Timur untuk lebih mengenalkan tugas dan fungsi DJKN serta lelang kepada masyarakat melalui Reels di Instagram, bekerjasama dengan youtuber Londo Kampung. Pelaksanaan expo lelang pada kegiatan Extravaganza Hari Oeang 2022 yang diselenggarakan secara terbuka di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya dari tanggal 19 Oktober 2022 sampai dengan 25 Oktober 2022 juga diharapkan dapat memperkenalkan DJKN pada umumnya dan lelang pada khususnya kepada masyarakat luas yang berkunjung ke Tunjungan Plaza

Dalam rangkaian kegiatan Extravaganza Hari Oeang 2022 ini dilaksanakan lelang secara oleh 6 unit vertikal di wilayah Kanwil DJKN Jawa Timur. KPKNL Sidoarjo melaksanakan  lelang pada tanggal 20 Oktober 2022. dengan objek lelang berupa tanah dan bangunan dalam 2 lot lelang. Kedua objek lelang tersebut merupakan lelang Hak Tanggungan yang dimohonkan oleh Bank Syariah Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia.  Lelang kedua objek tersebut laku 1 objek lelang, senilai 585 juta rupiah, hasil pelaksanaan lelang tersebut meningkatkan capaian realisasi pokok lelang untuk KPKNL Sidoarjo.

Proses lelang  sangat transparan, akuntabel  dan sebelumnya juga diumumkan di media cetak.  Dengan pelaksanaan lelang menghindarkan kemungkinan kredit macet yang tak terselesaikan, sehingga perputaran roda perekonomianpun dunia perbankan dapat terus berjalan.

Masyarakat semakin teredukasi tentang lelang sehingga terhindar adanya penipuan lelang. Gencarnya kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Unit Vertikal  DJKN, sebagaimana kegiatan extravaganza yang dilaksanakan di kanwil Jawa Timur ini, diharapkan akan memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat tentang lelang sebagai sarana jual beli yang aman, unggul dan terpercaya.

Lelang? Ya di lelang.go.id, Bersama Lelang kita pulihkan perekonomian bangsa

 

 (Penulis:  dyahtri/HIKPKNL Sda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini