Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan > Berita
Lampaui Nilai Limit, Lelang BMD Pemerintah Kabupaten Nias Sukses Dilaksanakan
Agatha Fabiola Giovani Br Sinaga
Kamis, 30 Maret 2023   |   184 kali

Kamis (30/03) bertempat di BPKAD Pemerintah Kabupaten Nias, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melaksanakan Lelang berupa aset Barang Milik Daerah (BMD) sebanyak 164 lot lelang yang terdiri dari 149 kendaraan bermotor dan 15 scrap/besi tua yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias.

Lelang dilaksanakan secara online atau daring melalui portal Lelang Indonesia pada laman https://lelang.go.id dengan menggunakan mekanisme penawaran terbuka (open bidding) dan penawaran tanpa kehadiran peserta lelang atau yang disebut e-auction.

Hasintongan Pardede, Fungsional Pelelang KPKNL Padangsidimpuan memimpin lelang tersebut. Penawaran lelang dibuka pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 10.30 WIB. 

Pelaksanaan lelang ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta lelang yang melakukan penawaran. Dari 164 lot lelang yang diajukan permohonannya, terdapat 138 lot lelang yang laku terjual, 24 lot lelang tidak ada peminat, dan 2 lot lelang yang batal.

Pelaksanaan lelang dengan mekanisme open bidding, peserta lelang pada waktu pelaksanaan lelang dapat menawar beberapa kali dan dapat melihat penawaran yang dilakukan oleh peserta lain sehingga berdampak pada persaingan antar pesewrta dan membentuk harga pokok yang optimal. Hal ini dapat dilihat dari total harga laku keseluruhan objek lelang jauh di atas nilai limitnya yaitu sebesar Rp 1.306.575.000,- (satu miliar tiga ratus enam juta lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) dari nilai limit sebesar Rp 788.800.000,- (tujuh ratus delapan puluh delapan juta delapan ratus ribu rupiah).

Pelaksanaan lelang BMD milik Pemerintah Kabupaten Nias ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergi yang yang telah terselenggara secara rutin antara KPKNL Padangsidimpuan dengan Pemerintah Kabupaten Nias dalam pengelolaan BMD yaitu meliputi pelaksanaan penilaian dan pelaksanaan lelang BMD tersebut.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Kenanga No. 99, Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, 22725
(0634) 21897
(0634) 23478
kpknlsidimpuan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini