Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Demi Komunikasi Publik yang Efektif, KPKNL Serang ikuti Sharing Session Bidang Kehumasan.
Ferdinandus Andreas
Sabtu, 11 Desember 2021   |   172 kali

Serang – Kamis (09/12), pegawai KPKNL Serang mengikuti kegiatan Sharing  Session Bidang Kehumasan yang diselenggarakan oleh Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat secara hybrid, tatap muka di Ruang Rapat Kantor Wilayah DJKN Banten dan virtual melalui aplikasi video conference. Peserta sharing session adalah pegawai pada Kanwil DJKN Banten dan unit vertikal dibawahnya yaitu KPKNL Serang, KPKNL Tangerang I dan KPKNL Tangerang II terutama pegawai pada Seksi Hukum dan Informasi yang melaksanakan tugas dan fungsi kehumasan. Kegiatan yang disampaikan oleh tim Direktorat Hukum dan Humas tersebut terbagi menjadi tiga materi utama yaitu: Desain dan Layout Grafis untuk kebutuhan instransi, Fotografi Jurnalistik Instansi, dan How To Be A Good Master of Ceremony/MC. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan komunikasi yang efektif, efisien dan untuk mendukung pencapaian visi dan misi Kementerian Keuangan pada umumnya dan DJKN pada khususnya.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dan arahan dari Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning Sri Rejeki Wulandari. Dalam sambutannya, Nuning menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan meningkatnya jumlah pengguna internet menjadikan media sosial terus bertransformasi menjadi media yang mampu menghubungkan dan menciptakan berita terkini. “Tidak hanya terkini namun cepat, informatif dan dapat dipertanggungjawabkan yang tentunya akan mencerminkan citra instansi pemerintahan kepada masyarakat. Tidak mengherankan juga jika banyak lembaga khususnya lembaga pemerintahan yang mulai menggarap media sosial menjadi lebih baik lagi dan memberikan informasi yang lebih edukatif tentunya,” paparnya.

Kepala Kanwil DJKN Banten juga menyampaikan bahwa kreativitas dengan konten yang informatif dan edukatif kepada masyarakat sangat dibutuhkan. Hal tersebut penting agar konten yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dan kesan yang akan disampaikan kepada masyarakat, sehingga setiap unit yang bertanggung jawab dibidang kehumasan perlu memiliki kemampuan yang lebih dan kreativitas dalam membuat konten. Selanjutnya terkait materi Master of Ceremony, Nuning menjelaskan bahwa MC adalah sesuatu yang vital, karena baik tutur kata, tatap wajah, dan pembawaan serta bagaimana mengalirnya acara itu adalah peran utama dari MC itu sendiri. Kepala Kanwil DJKN Banten berharap dengan adanya sharing session pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Banten dan unit vertikal dibawahnya dapat menjadi content creator dan MC yang baik.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Hukum dan Humas, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani. Dalam sambutannya, Tri menjelaskan bahwa saat ini komunikasi publik merupakan bagian strategis dalam melakukan tugas pemerintahan. Hal ini semakin dipertegas pada saat kepemimpinan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dimana setiap pembahasan terkait kebijakan pasti juga membahas komunikasi publik. Komunikasi publik pada lingkup unit vertikal DJKN diharapkan dapat mendukung kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah, khususnya di Kementerian Keuangan. Untuk itu, diperlukan tenaga kehumasan yang andal sehingga dapat menyampaikan seluruh kebijakan Kementerian Keuangan kepada masyarakat dengan baik.

Materi sharing session disampaikan oleh tim dari Subdirektorat Humas, Direktorat Hukum dan Humas DJKN. Pertama dimulai oleh pemaparan materi terkait fotografi jurnalistik instansi yang disampaikan oleh Nanang Ansari. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi berikutnya yaitu desain dan layout grafis untuk kebutuhan instansi oleh Alief. Materi terakhir how to be a good MC oleh Kresentia Moimole Somalinggi atau yang akrab disapa Inez. Materi yang disampaikan begitu menarik sehingga peserta mengikuti dengan antusias. Selama sharing session berlangsung banyak pertanyaan dan diskusi yang terjadi dari para peserta, baik yang hadir langsung maupun yang mengikuti secara virtual.

Kegiatan sharing session bidang kehumasan ditutup oleh kepada Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Kanwil DJKN Banten, Ali Mahmud mewakili Kepala Kanwil DJKN Banten. Ali menyampaikan terima kasih kepada para pemateri yang telah berbagi pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh jajaran Kanwil DJKN Banten dan unit vertikal dibawahnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini