Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwokerto > Artikel
Semangat! Ini 8 Cara Untuk Meningkatkan Kinerja Selama WFH
Andi Ratna Widowati
Rabu, 17 November 2021   |   411 kali

Saat ini bekerja dari rumah (WFH) adalah suatu hal yang sudah satu setengah tahun ini kita jalani. Semenjak pandemi Covid 19 melanda negara ini, pemerintah menetapkan sistem WFO dan WFH dengan angka prosentase. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menurunkan angka penambahan jumlah yang terpapar virus dengan cara menghindari kelompok-kelompok di suatu tempat. Tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai apabila tidak diimbangi dengan persiapan-persiapan. Apa saja yang harus kita siapkan sebelum menjalankan WFH agar kinerja kita tetap tinggi?

SIAPKAN PERANGKAT DAN JARINGAN YANG DIPERLUKAN

Sebelum kita memulai bekerja dari rumah, hal pertama yang harus kita persiapkan adalah perangkat yang kita miliki, pastikan komputer/laptop maupun handphone kita jangan sampai kehabisan baterai. Selain itu pastikan juga jaringan stabil, carilah kartu ponsel yang jaringannya bagus dan handphone juga dipastikan selalu memiliki pulsa dan jaringan data. Itu sangat penting karena apabila sewaktu-waktu kantor membutuhkan data yang diperlukan kita bisa secepatnya memberikan data tersebut. Demikian juga apabila kita memerlukan data dari pihak lain kita bisa mendapatkan data tersebut selamanya. Komunikasi adalah kunci kesuksesan, jadi meskipun kita bekerja dari rumah usahakan komunikasi tetap jalan baik itu ke pimpinan, sesama pelaksana maupun ke bawahan.

LAKUKAN AKTIVITAS RUTIN SEHARI-HARI SEPERTI BIASA

Saat ini kita bekerja dari rumah bukan sedang cuti apalagi liburan. Lakukan aktivitas rutin seperti hari-hari biasa ketika kita bekerja di kantor. Misalnya waktu bangun pagi, mandi dan sarapan pagi, olahraga, lakukanlah kegiatan ini seperti ketika kita masih bekerja di kantor. Hal tersebut akan membawa pengaruh yang baik pada saat kita akan memulai bekerja di rumah.

MEMBUAT JADWAL PEKERJAAN

Yang tidak kalah penting adalah membuat jadwal pekerjaan. Pada waktu malam hari sebelum kita tidur usahakan kita membuat rencana terkait apa yang akan kita kerjakan mulai dari pagi hari sampai dengan berakhirnya jam kerja. Sebagai contoh, jam 8.00 sampai 10.00 WIB rapat dengan kantor pusat, jam 10.00 sampai 11.00 membuat artikel dan lain-lain. Dengan membuat jadwal pekerjaan sebelum kita bekerja maka akan semakin mudah bagi kita untuk melakukan aktivitas kita pada hari itu.

MEMERIKSA HASIL PEKERJAAN KITA

Sore hari setelah jam kerja berakhir, sebisa mungkin kita menelaah apa saja yang kita kerjakan dari pagi sampai sore hari. Dengan demikian kita bisa menilai apa saja yang masih kurang dari pekerjaan kita dan kita selesaikan pada hari berikutnya.

BIKIN RUANG KERJA

Apabila di rumah kita ada ruangan yang bisa dipakai sebagai ruang kerja maka manfaatkan. Kita bisa mendesign ruangan tersebut menjadi ruang kerja individu. Dengan demikian diharapkan suasana kerja akan tercipta dan menambah semangat kerja kita.

PERTAHANKAN SEMANGAT

Mempertahankan semangat bekerja pada saat kita melaksanakan kerja di rumah sangat penting. Hal tersebut dikarenakan rumah adalah tempat ternyaman bagi kita untuk bersantai, akan tetapi jangan lantas kita terlena sehingga kita melupakan bahwa saat ini kita sedang bekerja bukan sedang berlibur.

HARUS BISA MEMBAGI WAKTU

Membagi waktu di rumah antara bekerja dan waktu buat keluarga juga sangat penting, apalagi bagi kita yang saat ini masih memiliki anak kecil. Seringkali ketika kita sedang konsentrasi mengerjakan pekerjaan kita, kita akan terganggu oleh rengekan anak-anak kita yang bisa berakibat hilangnya konsentrasi dalam bekerja.

JANGAN LUPA JAGA KESEHATAN

Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan, pola makan dan olah raga teratur jangan dilupakan. Dengan demikian selama kita WFH diharapkan kita akan selalu sehat, pandemi segera berakhir dan kinerja kita akan tetap dapat dipertahankan.

(Penulis : Andi Ratna, Seksi HI KPKNL Purwokerto)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini