Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwokerto > Artikel
Vaksinasi Untuk Kita dan Anak Cucu Kita
Andi Ratna Widowati
Kamis, 19 Agustus 2021   |   209 kali

Sudah 18 bulan atau satu setengah tahun bangsa Indonesia merasakan dampak dari pandemi Covid-19 sejak pertama kali adanya masyarakat yang terjangkit. Hal tersebut tentu saja telah menimbulkan kerugian yang besar, yang tidak hanya berimbas di bidang kesehatan tetapi juga  bidang ekonomi. Banyak sektor industri besar maupun UMKM yang gulung tikar. Hal tersebut tentu saja menimbulkan efek tidak hanya pada si pemilik perusahaan akan tetapi berimbas menimbulkan banyak karyawan yang di-PHK dan menjadi pengangguran.

Melihat hal tersebut, pemerintah berupaya sekuat tenaga agar pandemi yang melanda hampir di seluruh negara di dunia ini bisa segera teratasi. Beberapa jenis bantuan diberikan oleh pemerintah kepada berbagai lapisan masyarakat yang terdampak, mulai bantuan anak sekolah berupa quota yang bisa dipergunakan untuk melakukan pembelajaran secara daring, bantuan listrik, bantuan untuk UMKM dan lain-lain.

Sementara itu dibidang kesehatan, pemerintah juga menganggarkan sejumlah dana untuk keperluan medis antara lain pakaian medis dan juga obat-obatan. Dalam rangka pencegahan, pemerintah juga menganggarkan dana untuk program vaksinasi.

Vaksinasi sangat berguna bagi kesehatan manusia pada saat ini. Manfaat vaksinasi antara lain: 

1.     Membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Vaksin adalah memasukkan virus yang telah dilemahkan terlebih dahulu, dengan demikian apabila ada virus yang sejenis masuk ke dalam tubuh kita, sistem imun yang telah terbentuk pada tubuh akan melawan virus tersebut. 

2.     Menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus. Meskipun kita terpapar virus tersebut, karena kita telah divaksin maka efek yang ditimbulkan akan lebih ringan dan menurunkan tingkat risiko kematian. 

3.     Mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Vaksinasi tidak hanya melindungi diri sendiri akan tetapi juga melindungi lingkungan yang belum bisa melakukan vaksinasi contohnya anggota keluarga yang masih dibawah 18 tahun. 

4.     Menghentikan penyebaran virus dan melindungi generasi yang akan datang. Diharapkan dengan berhentinya penyebaran virus ini, generasi selanjutnya akan terhindar dari virus Covid-19.

Kita bisa melihat kembali kemasa lalu, dimana pernah juga terjadi pandemi seperti saat ini. Sebagai contoh pandemi Flu spanyol, Indonesia pernah merasakan dimana jutaan manusia meninggal akibat virus ini hanya dalam kurun waktu Maret 1918 sampai dengan September 1919. Bahkan data dunia mencatat sekitar 1,7 Miliar orang meninggal akibat virus ini. Dan sejarah juga membuktikan bahwa vaksinasi sangat ampuh dalam pemberantasan berbagai macam virus.

Untuk itu mari kita dukung program pemerintah agar vaksinasi ini berjalan lancar dan pandemi ini cepat selesai. (Penulis : Andi Ratna) 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini