Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwakarta > Artikel
Manajemen Kinerja Langkah Kementerian Keuangan Melayani Lebih Baik
Ratna Astuti
Jum'at, 03 November 2023   |   197 kali

Peringatan  Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-77 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober  2023 kali ini mengusung tema “Kementerian Keuangan  (Kemenkeu) Melayani Lebih Baik.” Latar belakang diusungnya tema ini terungkap dalam pidato Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam upacara HORI ke-77. Sir Mulyani menyampaikan : "Untuk mewujudkan semangat "Kemenkeu Melayani Lebih Baik" kita harus memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, kita harus memahami apa yang menjadi tuntutan stakeholders kita. Seluruh jajaran Kementerian Keuangan tidak boleh bosan untuk memperbaiki dan membenahi diri dengan terus menyerap masukan, aspirasi, dan feedback dari masyarakat. Kemampuan menyerap aspirasi dari siapapun akan semakin memperkuat pondasi kita dalam melayani dan membangun negeri. Kita harus lebih sering mendengar lebih dalam atas masukan dan kritikan dari masyarakat di tengah berbagai kesibukan serta pencapaian yang berusaha kita raih."

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik tidaklah mudah, terutama dengan kemajemukan masyarakat yang ada saat ini. Namun, Kementerian Keuangan dapat optimis mampu menghadirkan pelayanan yang lebih baik yang mampu memenuhi kepuasan pemangku kepentingan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman, sesuai standar pelayanan yang berlaku, sehingga pemangku kepentingan  mendapatkan sesuatu yang melebihi harapannya, serta memberi kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat luas.

Menjadi sebuah keniscayaan bila kinerja di bawah harapan maka pemangku kepentingan  akan merasa kecewa, jika kinerja sesuai harapan, pemangku kepentingan akan merasa puas, dan jika kinerja melebihi harapan maka pemangku kepentingan pun akan merasa sangat puas.

Menyadari peran penting kinerja tersebut, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu selain berpedoman pada core values BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dalam melakukan aktivitas dan bekerja juga mengimplementasikan  core values  yang berlaku di Kemenkeu yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan, Kemenkeu  berkomitmen, konsisten dan kontinyu mengimplementasikan Nilai-Nilai Kemenkeu dalam kegiatan keseharian melalui pelayanan yang ramah, efisien, efektif dan akuntabel, serta dilaksanakan dengan sepenuh hati yang dilandasi keikhlasan melakukan yang terbaik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pegawai Kemenkeu merupakan aset terpenting yang keberadaannya dapat membantu memajukan organisasi maka dibutuhkan sebuah manajemen kinerja dalam organisasi untuk mengelola kinerja pegawai. Manajemen kinerja merupakan rangkaian kegiatan pemanfaatan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam rangka mencapai tujuan organisasi, dalam Kemenkeu sendiri manajemen kinerja dibagi menjadi manajemen kinerja organisasi dan manajemen kinerja pegawai.

Pegawai Kemenkeu dituntut untuk memiliki kinerja yang baik. Oleh karena itu, Menteri Keuangan telah menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. Langkah-langkah peningkatan kinerja perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus menerus agar manajemen kinerja di Kemenkeu dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mendukung pencapaian tujuan organisasi. Melalui pengelolaan kinerja yang baik, Kemenkeu akan terus bertransformasi menjadi sebuah organisasi dinamis dan modern kedepannya.

Prinsip-prinsip manajemen kinerja yang diberlakukan di Kemenkeu harus memenuhi prinsip obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif. Adapun manajemen kinerja ini terbagi menjadi  manajemen kinerja organisasi dan Mmanajemen kinerja pegawai. Kerangka kerja sistem manajemen kinerja mencakup Perumusan sistem Kebijakan, prosedur, dan praktik manajemen kinerja yang bersifat sistematis, Implementasi perencanaan kinerja; Pelaksanaan kinerja; Evaluasi kinerja; Pelaporan dan pemanfaatan, dan Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi sistem Serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menyempurnakan sistem manajemen kinerja di lingkungan Kemenkeu.

Ada pun tahapan-tahapan dalam manajemen kinerja yang pertama, Perencanaan Kinerja, dengan ditetapkan sasaran kinerja yang akan dicapai oleh pegawai dan unit kerja dalam periode tertentu. Sasaran kinerja ini harus sesuai dengan tujuan organisasi dan visi misi Kementerian Keuangan. Kemudian, tahap  kedua adalah Pelaksanaan Kinerja, dalam tahap ini pegawai dan unit kerja melaksanakan tugas sesuai dengan sasaran kinerja yang telah ditetapkan. Pelaksanaan kinerja harus memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang baik. Tahap ketiga adalah Monitoring dan Evaluasi Kinerja, yaitu dilakukannya pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh pegawai dan unit kerja, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana sasaran kinerja yang telah ditetapkan dapat dicapai. Tahap terakhir adalah Pengembangan Kinerja, dengan pengembangan kinerja pegawai dan unit kerja, baik melalui pelatihan, pengembangan karir, maupun penghargaan atas kinerja yang telah dicapai.

Dalam melaksanakan manajemen kinerja, Kemenkeu juga menetapkan sejumlah indikator kinerja yang harus dicapai oleh setiap pegawai dan unit kerja. Indikator kinerja ini harus diukur secara periodik untuk mengetahui apakah sasaran kinerja telah tercapai atau belum,  juga menetapkan bahwa evaluasi kinerja harus dilakukan secara objektif dan adil. Evaluasi kinerja harus dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya dan harus melibatkan seluruh pihak yang terkait. Manajemen Kinerja harus dilaksanakan dengan memperhatikan aspek kepatuhan, integritas, dan akuntabilitas. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa setiap pegawai dan unit kerja dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di lingkungan Kemenkeu dimaksudkan sebagai langkah "Kemenkeu Melayani Lebih Baik."

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini