Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkal Pinang > Berita
KPKNL Pangkalpinang Serahkan Hasil Penilaian Aset BMD Rp.61 Milyar
N/a
Kamis, 24 Maret 2016   |   782 kali

Pangkalpinang – KPKNL Pangkalpinang berhasil menyelesaikan sebagian hasil bantuan penilaian Barang Milik Daerah Kota Pangkalpinang senilai Rp. 61,8 Milyar (23/3). Kepala KPKNL Pangkalpinang, Sumurung Siahaan menyerahkan langsung kepada Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam di Gedung Tudung Saji Pangkalpinang. “Penilaian ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam melakukan pelayanan kepada stakeholder yang  terkait dengan tugas dan fungsi dalam melakukan penilaian BMD“, ungkap Sumurung di sela-sela kegiatan tersebut.

Selain itu, Sumurung juga menyampaikan hasil penilaian yang diserahkan ini merupakan sebagian kecil dari permohonan bantuan penilaian Aset BMD yang Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang belum bernilai dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemkot Pangkalpinang Tahun 2015. Pria ini juga menyampaikan apresiasi cukup besar karena Pemkot Pangkalpinang telah memiliki niat baik terkait dengan pengelolaan BMD. Apalagi saat ini Pemkot Pangkalpinang terus menggandeng KPKNL Pangkalpinang untuk melakukan penilaian asset-aset BMD lainnyadalam rangka penyusunan LKPD, pemanfaatan dan pemindahtanganan BMD.

Sumurung juga menambahkan pelayanan penilaian merupakan salah satu tugas dan fungsi KPKNL Pangkalpinang. Dalam Pengelolaan BMN/D, penilaian menjadi salah satu segmen yang berperan cukup signifikan. Jika dilihat salah satu azas pengelolaan BMN/D, yaitu azas kepastian nilai dimana pengelolaan BMN/D harus didukung oleh adanya ketepatan jumlah dan nilai barang dalam rangka optimalisasi pemanfaatan dan pemindahtanganan BMN/D serta penyusunan neraca pemerintah daerah.

Senada dengan pernyataan Kepala KPKNL Pangkalpinang,  Plt. Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam memberikan ucapan terima kasih dan langsung menerima 52 (lima puluh dua) Buku Hasil Laporan Penilaian. Radmida menambahkan adanya hasil kegiatan inventarisasi dan penilaian KPKNL Pangkalpinang ini diharapkan menjadi bahan tertib pengelolaan asset BMD demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Radmida juga menambahkan hasil kegiatan tersebut nantinya dipergunakan untuk menindaklanjuti temuan BPK terkait dengan permasalahan asset BMD.

Pada akhir sambutannya, Radmida mengatakan bahwa terkait dengan PP Nomor 27 Tahun 2014  tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah,  mengharapkan agar KPKNL Pangkalpinang dapat membantu dalam mengawal pengelolaan aset-aset milik Pemkota Pangkalpinang.

(Text|Foto Dwinanto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini