Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan > Berita
KPKNL Pamekasan Laksanakan DKO Triwulan II Tahun 2022
Garditto Gema Nuswantoro
Rabu, 06 Juli 2022   |   133 kali

Selasa (05/07), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan melaksanakan kegiatan rutin triwulanan, yaitu rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) untuk periode triwulan II tahun 2022. Dimulai pada pukul 10.00 WIB dan bertempat di ruang rapat lantai II, rapat DKO dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Indera Widajanto dan dihadiri oleh para Kepala Seksi dan Kepala Subbagian, serta para Pejabat Fungsional dan perwakilan Pelaksana dari masing-masing Seksi/Subbagian. Sebagaimana periode sebelumnya, pada rapat DKO kali ini terdapat tiga agenda utama, yaitu tindak lanjut DKO triwulan I tahun 2022, reviu capaian kinerja triwulan II tahun 2022, dan pembahasan tematik DKO triwulan II tahun 2022 yang mengusung tema "Monev Persentase Produktivitas Lelang dan Persentase Realisasi Pokok Lelang". 

 

Rapat dibuka oleh Dwi Agung Hari Utomo selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Kantor. "Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sinergi yang telah terjalin dengan baik dari semua Seksi, Subbagian Umum, dan Pejabat Fungsional yang ada, sehingga di akhir triwulan II tahun 2022 ini, target kinerja yang tertuang dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) dapat tercapai," ujar Indera mengawali arahannya. Selanjutnya, Indera menekankan tentang pentingnya prinsip kerja kolaborasi untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan capaian kinerja KPKNL Pamekasan yang sudah baik sampai dengan triwulan II tahun 2022 ini. "Kita harus perkuat lagi kolaborasi dan strategi, agar ke depan kita dapat mencapai beberapa output sekaligus dalam setiap kali melaksanakan pekerjaan," ujarnya. 

 

Seusai arahan dari Kepala Kantor, acara dilanjutkan dengan pembahasan tindak lanjut DKO triwulan I tahun 2022 tentang monitoring dan evaluasi persentase efektivitas penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) sesuai dengan rencana aksi yang telah disusun. Paparan monitoring dan evaluasi ini disampaikan oleh Ida Nursanti Dewi Aprilini selaku Kepala Seksi Piutang Negara. "Dapat kami laporkan bahwa rencana aksi pada DKO triwulan I tahun 2022, antara lain melakukan penagihan melalui surat kepada Debitur, penelitian dalam rangka penetapan Piutang Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT), penyampaian Surat Paksa, dan Penyitaan Barang Jaminan, seluruhnya telah selesai dan dilaksanakan," ujar Ida dalam pemaparannya. 

 

Agenda selanjutnya adalah reviu capaian kinerja triwulan II tahun 2022, yang disampaikan oleh Dwi Agung Hari Utomo. Sampai dengan periode triwulan II tahun 2022, capaian kinerja KPKNL Pamekasan terdiri dari 16 (enam belas) IKU berwarna hijau dan 4 (empat) IKU berwarna abu-abu, sehingga Nilai Kinerja Organisasi (NKO) pada triwulan II tahun 2022 tercapai sebesar 116,32%. "Secara umum capaian kinerja KPKNL Pamekasan di periode triwulan II tahun 2022 sudah baik dengan capaian NKO sebesar 116,32%. Capaian yang baik ini tentu tak lepas dari upaya dan hasil kerja bersama seluruh pegawai KPKNL Pamekasan," ucap Agung mengakhiri agenda reviu capaian kinerja.

 

Pada agenda terakhir, yaitu pembahasan tematik DKO triwulan II tahun 2022 yang mengusung tema "Monev Persentase Persentase Produktivitas Lelang dan Persentase Realisasi Pokok Lelang", Andi Prayitno selaku Pelelang Ahli Muda pada KPKNL Pamekasan yang mewakili Pelelang lainnya menyampaikan rencana aksi terkait dengan pencapaian target lelang di tahun 2022. "Semakin mendekati akhir tahun, produktivitas lelang mempunyai kecenderungan menurun, sehingga diperlukan langkah strategis untuk mencapai target di tahun 2022 sebesar 36%," ujar Andi dalam pemaparannya. Langkah strategis yang akan dilaksanakan antara lain adalah melakukan imbauan kepada seluruh satker Kejaksaan Negeri di wilayah Madura untuk mengajukan lelang barang rampasan-nya, melaksanakan lelang sukarela Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), mengimbau kepada pemohon lelang eksekusi Hak Tanggungan untuk mengajukan permohonan lelang yang objeknya berpotensi laku, dan melakukan penggalian potensi lelang kepada stakeholder lainnya.

 

Mengakhiri kegiatan rapat DKO, Indera berpesan kepada seluruh jajaran, khususnya para Pelelang agar dapat menjalankan rencana aksi dengan sebaik-baiknya. "Kepada Pejabat Fungsional Pelelang, terkait tematik DKO agar rencana aksi dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sesuai jadwal yang telah dibuat," pesan Indera menutup kegiatan rapat DKO Triwulan II Tahun 2022.

 

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini