Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan > Berita
Lelang Produk UMKM Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19
Garditto Gema Nuswantoro
Jum'at, 01 Juli 2022   |   155 kali

Kamis (30/06), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bekerja sama dengan pelaku industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Madura dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bangkalan (BRI Cabang Bangkalan) menyelenggarakan Lelang Sukarela produk UMKM sebagai salah satu wujud nyata kontribusi lelang dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 melalui sektor UMKM. Pada kesempatan ini, lelang dilaksanakan terhadap 24 (dua puluh empat) lot produk UMKM yang berupa berbagai macam makanan ringan khas Madura.

 

Berbeda dengan pelaksanaan lelang pada umumnya, lelang produk UMKM kali ini dilaksanakan dengan ketentuan tanpa uang jaminan bagi peserta lelang yang mengikutinya, yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dan pelaku UMKM itu sendiri. Lelang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor BRI Cabang Bangkalan mulai pukul 10.00 WIB melalui portal lelang.go.id oleh tiga Pelelang KPKNL Pamekasan, yaitu Andi Prayitno dan Mariono selaku Pelelang Ahli Muda dan Normansyah selaku Pelelang Ahli Pertama. Masing-masing Pelelang melaksanakan lelang terhadap 8 (delapan) lot produk UMKM dengan hasil seluruh produk laku terjual lelang di atas nilai limit. Setelah para pelelang menetapkan pemenang, rangkaian kegiatan lelang UMKM dinyatakan selesai dan berakhir pada pukul 10.45 WIB. 

 

Diwawancarai setelah kegiatan lelang berakhir, perwakilan dari mitra UMKM yang produknya terjual melalui lelang menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), khususnya KPKNL Pamekasan karena telah memberikan fasilitas untuk memasarkan dan menjual produk UMKM miliknya melalui platform lelang online. "Kami mengucapkan terima kasih kepada DJKN dan KPKNL Pamekasan yang telah mendukung produk-produk UMKM, khususnya di wilayah Madura ini. Semoga dengan adanya lelang seperti ini, industri UMKM di Madura dapat semakin maju dan dikenal," ujarnya. 

 

Kegiatan lelang UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL Pamekasan ini merupakan bagian dari program Kompetisi dan Inovasi (KEDAI) Lelang UMKM yang telah dilaksanakan oleh DJKN sejak tahun 2021 lalu. KEDAI Lelang UMKM bertujuan untuk membangun spirit kepada seluruh insan lelang DJKN agar terus berinovasi dalam memberikan layanan lelang dan memberikan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan, serta dapat berkontribusi bagi penerimaan negara secara optimal. Selain itu, adanya portal lelang.go.id juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sarana jual beli yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif bagi masyarakat, khususnya pada sektor UMKM pasca pandemi Covid-19.

 

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini