Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan > Berita
Pencatatan dan Pemetaan SDM DJKN melalui Profiling Pegawai
Dian Novianto Prihantono
Kamis, 27 Februari 2020   |   398 kali

Pamekasan – Rabu (26/02/2020) bertempat di Aula Lantai 2, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pemekasan mendapatkan sosialisasi terkait Profiling Pegawai di Lingkungan DJKN dari Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur yang dibawakan oleh Kepala Subbagian Kepegawaian, Evisari Eresti Melani. Acara sosialisasi dihadiri oleh Kepala KPKNL Pamekasan, para Kepala Seksi dan Subbagian, serta seluruh Pegawai di lingkungan KPKNL Pamekasan.

 

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Harmaji selaku Kepala KPKNL Pamekasan menyampaikan bahwa “Profiling pegawai adalah hal yang sangat menarik, hal-hal lain yang berkaitan dengan pegawai dapat diungkapkan dalam profiling ini. Kantor Pusat DJKN telah memberikan kemudahan-kemudahan yang dapat membawa manfaat bagi kita semua. Dengan kemudahan yang telah diberikan, kita sebagai pegawai DJKN harus dapat meningkatkan kinerja kita. Sudah tidak jamannya lagi kita bekerja apa adanya, tetapi kita harus bekerja lebih baik lagi dari hari ke hari”.

 

Membuka presentasinya, Evisari menyampaikan bahwa “Profiling pegawai yang akan diadakan merupakan program dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN guna mencacat dan memetakan SDM yang ada. Data pegawai yang ada pada Bagian Kepegawaian saat ini masih terbatas dan belum dapat memberikan gambaran yang lengkap terkait kondisi pegawai termasuk minat pegawai. Data yang selama ini terekam dalam aplikasi kepegawaian (HRIS, SIMPEG, dan SIPRITA) belum mencerminkan kondisi eksternal dari seorang pegawai yang dapat berpengaruh besar terhadap motivasi dan semangat kerja seorang pegawai. Tujuan pola mutasi sekarang ini juga mempertimbangkan informasi-informasi lain di luar data kepegawaian yang ada saat ini”.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara telah memberikan arahan kepada Bagian Kepegawaian agar menyusun profil dan database pegawai sedetail mungkin, yang mampu memberikan gambaran pegawai secara komprehensif. Menyusun database pegawai yang tidak hanya ter-capture dalam aplikasi kepegawaian yang sudah ada, memetakan aspirasi pegawai yang dikaitkan dengan tujuan-tujuan organisasi, sehingga kebijakan kepegawaian tidak kontraproduktif dengan tujuan organisasi.

 

“Profiling pegawai akan dilaksanakan dengan wawancara melalui fasilitas video conference, datang langsung ke unit vertikal, atau melalui telepon, yang hanya dilakukan antara pewawancara dengan pegawai yang bersangkutan saja, dengan kata lain tidak boleh ada yang mendampingi pegawai saat profiling pegawai berlangsung. Data profilling yang akan digali antara lain meliputi, data keluarga, data kesehatan, data finansial, persepsi terhadap kota penugasan saat ini dan persepsi kebijakan mutasi pada pegawai” ujar Evisari. 

 

Mengakhiri presentasinya, Evisari mengharapkan dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh pegawai KPKNL Pamekasan dalam kegiatan profiling yang akan diadakan ini. “Jawablah sejujur-jujurnya semua pertanyaan pewawancara, terangkanlah semua permasalahan atau keluhan, jika ada”.

 

 

(Foto & Naskah: Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini