Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
FASILITAS DAN RUANG KERJA BARU MENDORONG SEMANGAT KERJA KPKNL PALU
Abd. Choliq
Senin, 24 Februari 2020   |   195 kali

Sejatinya sesuatu yang baru entah berupa pemberian atau pembelian / pengadaan untuk pemenuhan kebutuhan dan fasilitas, selalu memberi suasana berbeda saat menggunakannya. Demikian halnya pegawai KPKNL Palu yang mulai menempati ruang kerja dan fasilitas gedung baru setelah gedung lama direnovasi kembali pasca gempa Palu tahun 2018.

Bila mengingat kembali bencana gempa dasyat yang pernah melanda Kota Palu dan beberapa daerah sekitar di Sulawesi Tengah, gempa tersebut juga merusak beberapa bagian gedung KPKNL Palu. Bangunan tersebut dikategorikan tidak memenuhi standar keamanan dan kelayakan sebagai ruang kerja. Karena itu selama tahun 2019 dilakukan renovasi gedung dan pengadaan fasilitas penunjang untuk pegawai.

Sebagai tanda syukur atas dimulainya kembali penggunaan fasilitas dan ruang kerja yang baru, pada Jum’at 14 Februari 2020 dilakukan pemotongan Nasi Tumpeng sebagai simbol nikmat dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa oleh Kepala Kanwil Sulutenggomalut, A. Y. Dhaniarto. disaksikan oleh Kepala KPKNL Palu, Kepala Bagian Umum Priyanto Nugroho, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Taufik Istianto, dan seluruh pegawai KPKNL Palu. Acara Pemotongan tumpeng ini menjadi satu moment yang sangat penting dan bermakna sukacita bagi KPKNL Palu karena dapat menggunakan ruang dan fasilitas yang baru.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh pegawai KPKNL Palu, dengan pesan-pesan penting dan harapan agar penggunaan fasilitas dan ruang kerja baru selalu memberi makna dalam penggunaanya dan memeliharanya karena merupakan komitmen pemerintah pusat (Kementerian Keuangan) dalam upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Agar pegawai KPKNL Palu “selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugas, pastikan kata, tindakan, serta perilaku sesuai dengan etika dan aturan yang berlaku di Kementerian Keuangan”, ujar A. Y. Dhaniarto dalam sambutannya

            Bapak Yanis sapaan akrab kepala kanwil, juga menambahkan bahwa syukuran penggunakan gedung dan fasilitas kantor KPKNL ini tidak  hanya menyangkut keberadaan unit KPKNL, tetapi juga merupakan satu wujud kehadiran KPKNL untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para stakeholders, Pemerintah Daerah serta masyarakat luas, begitupun kiranya dengam instansi-instansi vertikal yang ada dapat memanfaatkan layanan yang ada di KPKNL Palu. Sehingga keberadaan KPKNL memberi pesan hubungan DJKN dengan satuan kerja juga semakin lebih baik lagi dalam peran sebagai pengelola BMN.

 Untuk menyongsong tahun 2020 dengan target yang sangat menantang, A. Y. Dhaniarto kembali memberikan arahan bahwasanya “kesuksesan yang kita capai  sekitar 10-20% itu dari ilmu pengetahuan dan keterampilan, sedangkan 80-90 % lebih dari sikap atau attitude”. Perilaku terbentuk dari kebiasaan sehari-hari, karena itu pola perilaku pegawai harus terus berubah dari sebelumnya dengan hal-hal yang positif.  Hal ini sangat ditekankan oleh Kakanwil DJKN Sulluttenggomalut untuk seluruh pegawai KPKNL Palu, mengingat karakter dan integritas mendorong pegawai untuk merencanakan dan bertindak sesuai dengan norma, etika dan aturan hukum yang berlaku. Kepala Kanwil juga mengingatkan tentang kompetensi sosio kultural. Seluruh pegawai perlu memahami dan mengingat bahwa kita berasal dari latarbelakang yang berbeda-beda dan karena itu tidak bisa dipaksa untuk sama, namun harus menyikapi perbedaan itu sebagai suatu kekuatan dalam mencapai tujuan bersama baik organisasi maupun bangsa. Kepada para pejabat diminta agar bekerja pada level tertinggi tidak hanya memahami tetapi lebih pada merencanakan, memberi pengarahan, mengambil keputusan dan menindaklanjuti serta memberi solusi yang tepat dan memberi teladan.

            Rangkaian acara pada KPKNL Palu diakhiri dengan santap siang bersama dengan seluruh pegawai KPKNL Palu. Selalu penting untuk memaknai hal-hal baru termasuk fasilitas dan ruang kerja baru adalah sarana penunjang yang dapat mendorong produktifitas kinerja dengan mengingat pesan Menteri Keuangan ibu Sri Mulyani Indrawati “jaga dan gunakan asset Negara sebagaimana anda menjaga dan menggunakan asset anda”. Semoga gedung dan fasiitas yang baru KPKNL Palu akan menambah rasa syukur, semangat dan motivasi dalam bekerja sehingga mengasilkan karya yang mengharumkan nama DJKN di Sulawesi Tengah.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini