Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palembang > Berita
KOIN SJB - Palembang Optimalisasi BMN Pada Kebun Pertanian Desa Pulau Semambu Kabupaten Ogan Ilir
Selly Monica
Kamis, 30 Juni 2022   |   170 kali

    Sebagai salah satu unit vertikal DJKN, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang turut mengambil peran sebagai pengelola kekayaan negara yang terus berinovasi dalam optimalisasi BMN, baik BMN yang ada pada mitra satuan kerja maupun BMN pada KPKNL selaku pengelola. Pada tahun 2022, tim KOIN Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung Palembang akan melakukan optimalisasi BMN pada Kebun Pertanian Pemerintah Desa Pulau Semambu Kabupaten Ogan Ilir.

 

    KPKNL Palembang mengusulkan satu bidang tanah eks BMN idle Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII yang berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir. Luas total tanah ini adalah 87.343 m2. Bidang tanah telah bersertifikat Hak Pakai. Terkait pengamanan, saat ini aset telah dipasang papan tanda pengenal, batas, dan diamankan secara sukarela oleh perangkat desa dan RT setempat. Kegiatan KOIN ini bertujuan untuk (1) mewujudkan pengelolaan BMN yang optimal dan memiliki dampak ekonomi dan sosial yang positif kepada masyarakat dan lingkungan, (2) berkontribusi terhadap penerimaan negara, (3) mengamankan dan memelihara kekayaan negara, (4) mewujudkan ide-ide kreatif, inovatif, dan solutif terkait optimalisasi kekayaan negara, serta kolaboratif antar pihak dan (5) mendorong peran manajer aset yang profesional, berintegritas, dan berkompeten dari sisi perencanaan, manajerial, komunikasi, dokumentasi, dan publikasi.

 

    Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara termasuk desa yang memiliki sumber daya alam yang cukup menunjang. Dengan memperhatikan bahwa wilayah tersebut termasuk kawasan perumahan kepadatan rendah, masih banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan, sehingga alternatif pengembangan berupa kluster perumahan tidak cukup menarik bagi pengembang perumahan. Mengingat potensi kekayaan alam dan usaha masyarakat mayoritas adalah usaha pertanian dan perikanan, maka desa Pulau Semambu sangat potensial untuk dijadikan pertanian/perkebunan dan perikanan. Mekanisme yang digunakan dalam project ini adalah memaksimalkan potensi dari lahan kosong. Lahan tersebut nantinya akan ditanami singkong yang akan diolah langsung oleh masyarakat wilayah Desa Pulau Semambu.

 

      Pelaksanaan Project KOIN dimulai dengan melakukan cek fisik awal di lokasi Desa Pulau Semambu, Kabupaten Ogan Ilir pada tanggal 7 April 2022 oleh Tim KOIN. Hasil kunjungan awal didapatkan gambaran bahwa objek tersebut memiliki potensi yang dapat memberikan manfaat yang lebih luas pada publik apabila dimanfaatkan secara tepat. Setelah melakukan pengecekan fisik sebagai langkah awal, selanjutnya KPKNL Palembang pada tanggal 20 Mei 2022 melaksanakan koordinasi langsung dengan pihak aparat Desa Pulau Semambu dengan mengundang Konsultan Bank Sampah Pertamina  dan  Kanwil  DJKN  Sumatera  Selatan,  Jambi,  Bangka Belitung di Ruang Rapat KPKNL Palembang.      Lebih lanjut, dilaksanakan pengecekan lokasi sekaligus koordinasi langsung pada lokasi objek optimalisasi KOIN MAS 22/23 bertempat di Desa Pulau Semambu yang dipimpin langsung Kepala KPKNL Palembang beserta Tim KOIN dan aparatur desa.

 

    KPKNL Palembang secara rutin melaksanakan rapat pembahasan project optimalisasi BMN dan koordinasi dengan stakeholder guna mengetahui sejauh mana kesesuaian progress yang telah dilakukan terhadap timeline kegiatan. Dengan adanya project ini diharapkan aset akan lebih  terjaga dan terawat sekaligus dapat memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat secara umum dan warga desa sekitar secara khusus baik dari sisi ekonomi maupun sosial.  

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Kapt. A. Rivai No. 4 Gedung Keuangan Negara Lt.1-2 Blok C Palembang - 30129
(0711) 317146 / 352574
-
kpknlpalembang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini