Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Berita
Sosialisasi Gebyar Lelang Produk UMKM
Rohman Juani
Kamis, 24 Februari 2022   |   145 kali

Palangka Raya, Kamis 24 Februari 2022 KPKNL Palangka Raya menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Gebyar Lelang Produk UMKM melalui Platform Portal Lelang Indonesia yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy, Pelelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya, Zainul Arifin, Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalteng, Jaringan Pengusaha Nasional Kalteng, DPW Akumandiri Kalteng, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng, Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Kalteng, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Provinsi Kalteng, Kamar Dagang dan Indutri Indonesia Kalteng, dan Pelaku UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah.


Kegiatan dibuka oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy. Dalam sambutannya, selama 2 tahun pandemik ini adanya pergeseran perilaku masyarakat yang semula dominan transaksi secara fisik, sekarang banyak dilakukan secara virtual atau digital. Terasa sekali dampaknya, kita tetap bisa melakukan transaksi tanpa harus datang langsung. Pelaku usaha diharapkan melakukan adaptasi terhadap perilaku masyarakat tadi, dimana konsumen sudah bergeser perilaku tetapi pelaku usaha tidak melakukan adaptasi maka akan ketinggalan dan penjualan akan mengalami dampak.


Optimalisasi digitalisasi untuk pelaku UMKM, berdasarkan kajian OJK dan Boston Consulting Group di tahun 2020, menunjukkan hasil peningkatan preferensi konsumen untuk membeli produk melalui jalur digital dan preferensi pelaku UMKM untuk membeli produk industri jasa keuangan melalui jalur digital setelah adanya pandemi covid dibandingkan era sebelumnya. Selain itu berdasarkan survei yang dilakukan LIPI tahun 2020 menunjukan bahwa data UMKM yang metode penjualannya hanya memanfaat kan penjualan offline/langsung menjadi yang paling banyak mengalami penurunan penjualan lebih dari 75%, dibandingkan pelaku UMKM yang melakukan adaptasi menjadi online, sehingga ini argument penting bagi UMKM untuk melakukan pemanfaatkan teknologi digital sesuai dengan era yang ada saat ini.


Dari hasil penelitian dan survei tadi bisa disimpulkan pentingnya teknologi digital dalam pengembangan pelaku usaha UMKM, salah satu yang dilakukan antara lain Pemerintah melalui DJKN atau dalam hal ini KPKNL juga turut serta mengambil peran untuk mendorong pemanfaatan media digital kepada UMKM melalui Gebyar Lelang UMKM yang dilakukan sekitar bulan Maret. Ini menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengikuti kegiatan yang dimaksud tentunya perlu memahami mekanisme atau hal-hal yang sifatnya teknis dalam melakukan Lelang UMKM. OJK mendukung penuh kegiatan yang dimaksud yang sifatnya juga dapat mendorong kapasitas pelaku UMKM yang diharapkan nantinya kedepan juga bisa mendapatkan manfaat dengan peningkatan hasil penjualannya.


Kegiatan dilanjukan dengan pemaparan materi oleh Pelelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya, Zainul Arifin. Pemaparan diawali dengan dijelaskan mengenai profil KPKNL Palangka Raya. Sesuai dengan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KPKNL Palangka Raya mendorong untuk berpartisipasi didalam menghadapi pandemi terutama dalam bidang UMKM. Pada lelang.go.id terdapat fasilitas untuk memasarkan produk UMKM melalui lelang. Pada bulan Maret akan dilaksanakan kegiatan Gebyar UMKM secara serentak secara Nasional. Pemaparan dilanjutkan dengan menjelaskan proses lelang, persyaratan lelang, penentuan nilai limit untuk lelang UMKM, pemilihan jenis lelang open bidding dan close bidding, dan bea lelang. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dari pelaku UMKM kepada narasumber, mengenai barang UMKM yang bisa dilelang, mekanisme setoran jaminan, jenis makanan UMKM yang bisa dilelang, registrasi pemohon lelang, teknis pengiriman barang lelang UMKM.


Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi pelaku UMKM mengenai lelang online dan sekaligus membangun sinergi antara KPKNL Palangka Raya dengan pelaku UMKM serta dinas terkait di Provinsi Kalimantan Tengah. (Teks/Foto: Rohman Juani: Seksi HI PKY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini