Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Sinergi KPKNL Padang dan BRI untuk Maksimalkan Lelang
N/a
Kamis, 16 Maret 2017   |   478 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang melaksanakan Rapat Koordinasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Sumatera Barat, Senin (13/3).

Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Hotel Mercure Padang ini membahas kerja sama BRI dan KPKNL Padang terkait Lelang Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan.

“Pelaksanaan lelang hak tanggungan BRI yang dilakukan oleh KPKNL Padang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, yang disayangkan, jumlah objek lelang TAP (tidak ada penawaran.red) juga ikut meningkat, bahkan lebih banyak dari objek lelang yang laku,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Lelang Agus Kurniawan.

Pada tahun 2015, objek Lelang Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan BRI berjumlah 159 dengan 6  objek lelang laku dan 153 objek lelang tidak ada penawaran. Total objek Lelang Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan BRI ini kemudian mengalami kenaikan 127 persen pada tahun 2016, dengan jumlah total 361 objek lelang. Dari angka tersebut, 22 objek lelang laku dan 339 objek lelang tidak ada penawaran.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kepala Bidang Lelang Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau Nezaretta mengajukan opsi e-Auction atau lelang internet. Menurutnya, e-Auction memiliki cakupan wilayah lebih luas dari lelang konvensional, sehingga dapat efektif menjangkau pembeli yang lebih banyak.

“e-Auction ini juga menjadi salah satu target kerja KPKNL. Tahun 2016, KPKNL diwajibkan melaksanakan e-Auction sebanyak 50% dari total frekuensi lelang. Tahun 2017 ini, target (e-Auction.red) naik menjadi 60%. Direncanakan, pada tahun 2018 target ini menjadi 100%, atau seluruh lelang dilaksanakan melalui e-Auction,” papar Nezaretta.

Selaras dengan pemaparan Nezaretta, dalam kesempatan ini KPKNL Padang turut melakukan sosialisasi e-Auction dengan menggelar langsung proses penawaran secara terbuka (open bidding) terhadap satu unit telepon genggam. Seluruh peserta rapat koordinasi yang terdiri dari 32 orang ikut menjadi penawar, sehingga suasana semarak dengan aura kompetisi. Akibatnya, objek lelang pun berhasil terjual di harga Rp580.000,00 dari nilai limit Rp100.000,00.

Rapat Koordinasi BRI dan KPKNL Padang ini turut dihadiri oleh Wakil Pimpinan Wilayah BRI Padang beserta dua belas pimpinan cabang kantor-kantor pelayanan BRI di Sumatera Barat dan Jambi.(Teks/Foto: Nurul Fadjrina)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini