Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Sinergi
N/a
Senin, 12 Mei 2014   |   2074 kali

PAMEKASAN – Kamis (8/5), suasana di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan tidak seperti biasanya. Seluruh pegawai berbatik hijau tampak riang berkumpul di aula KPKNL Pamekasan. Pagi hingga sore itu diadakan In House Training (IHT) di bidang kepegawaian. Kegiatan yang bertema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Sinergi” ini digelar oleh Bagian Kepegawaian DJKN bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan.

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Purwono, dan dipandu oleh Kepala Bagian Kepegawaian DJKN, Tatang Maulana. Sedangkan Widyaiswara dari Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) BPPK Kementerian Keuangan, Budi Susilo, bertindak sebagai narasumber. Dalam sambutannya, Tatang Maulana menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk pengembangan sumber daya manusia yang ada di DJKN. Bagian Kepegawaian DJKN berkomitmen kegiatan serupa akan dilaksanakan di semua KPKNL seluruh Indonesia.

Budi Susilo, selaku narasumber menyampaikan banyak hal pada pagi hingga sore itu. Di antaranya pentingnya mengutamakan kinerja tim serta perlunya komunikasi yang efektif. Budi Susilo menanamkan hal-hal tersebut melalui media permainan (games) serta video, hal ini tentunya membuat IHT jadi semakin menyenangkan dan seluruh pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Keriangan langsung terasa saat Budi Susilo memimpin seluruh pegawai untuk melakukan senam otak, Budi mencontohkan gerakan-gerakan yang menyelaraskan otak kiri dan otak kanan, para pegawai sontak tertawa riang mengikuti gerakan-gerakan yang terlihat sangat mudah namun susah untuk dipraktikkan itu.

Keriangan tidak berhenti sampai di situ saja, Budi Susilo menayangkan video yang menggambarkan pentingnya bekerja dalam sebuah tim. Dalam video yang diputar, menunjukkan bahwa tujuan akan lebih mudah dicapai jika kita bekerja dalam sebuah tim.

Selain melalui tayangan video, pria yang lahir dan besar di Surabaya ini mempunyai cara lain untuk menanamkan konsep kinerja tim (teamwork) yakni melalui permainan (games). Terdapat beberapa jenis permainan yang disiapkannya, antara lain NASA Tally Sheet, Hellium Stick, Broken Squares Puzzle, dan beberapa Communication Games. Dari permainan tersebut, diharapkan peserta mampu memahami pentingnya teamwork, dan beberapa kunci sukses dalam sebuah tim, yang di antaranya adalah memahami tujuan bersama, memahami peran, rasa memiliki, menghargai perbedaan, berkomunikasi efektif, dan terus memperbaiki diri.

Budi Susilo berharap nilai-nilai tersebut tidak hanya menjadi pegangan peserta pada hari itu saja, namun akan terus melekat hingga kapanpun. “Nilai-nilai ini harus tetap dipegang, nggak cuma hari ini, tapi besok, lusa, bulan depan, tahun depan dan seterusnya. Semoga apa yang kita kerjakan seharian penuh tadi, bermanfaat, meningkatkan kapasitas diri kita, meningkatkan kinerja pribadi, kinerja instansi sebagai sebuah tim, serta sinergi untuk Kementerian Keuangan yang lebih baik,” pungkasnya.

Muhamad Nurcahyono Catur Setiya Pambudi, salah seorang pegawai KPKNL Pamekasan yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku sangat senang dengan kegiatan yang telah dilakukan. “Terima kasih buat tim dari kantor pusat (DJKN, red.) dan BPPK. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk pengembangan SDM, banyak hal yang bisa kita dapatkan dari kegiatan tadi. kami berharap kegiatan semacam ini lebih sering diadakan. Selain untuk menambah pengetahuan dan motivasi bagi para pegawai, juga untuk refreshing, supaya tidak terlalu jenuh bekerja,” pungkas Pambudi. (Teks Aditya Agni; Fotografer: Suryono)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini