Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Sinergi KemenkeuOne NTB Dukung UMKM dan Lelang Produk UMKM Dalam Acara Womenpreneur Day 2023
Rahmadhani Puspa Dewi
Senin, 03 Juli 2023   |   55 kali

Lombok, 1 Juli 2023 – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari unit unit kantor vertikal eselon 1 Kemenkeu berkolaborasi bersama Lombok Womanpreneur Club membantu UMKM di wilayah NTB dalam acara Womanpreneur Day 2023 yang diselenggarakan di Lombok Epicentrum Mall, 1-2 Juli 2023. Acara ini merupakan kegiatan Kelompok Kerja (POKJA) UMKM NTB yang juga merupakan bagian kegiatan kedai lelang UMKM Tahun 2023 di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram.

Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan POKJA UMKM NTB di acara Womanpreneur Day 2023 yang diselenggarakan oleh Lombok Womenpreneur Club merupakan UMKM binaan kantor vertikal Kemenkeu di wilayah NTB yakni Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Tiap unit kantor vertikal eselon 1 Kemenkeu wilayah NTB membina UMKM. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) melakukan pembinaan melalui pembelajaran bagaimana mendaftarkan perusahaan, perpajakan bahkan bagaimana meningkatkan kualitas produk dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidang tersebut. Selanjutnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melakukan pendampingan dan mendorong agar UMKM bisa melakukan ekspor, sedangkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) membantu pemasaran dan promosi serta branding terhadap produk-produk UMKM melalui kedai lelang UMKM agar lebih dikenal oleh masyarakat. Para pelaku UMKM binaan Kemenkeu Satu NTB dipersilakan untuk memilih beberapa barang UMKM nya untuk selanjutnya dilelang oleh Pejabat Lelang dari KPKNL dalam acara ini.

Sebagai dukungan sinergi pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu melalui Kedai Lelang UMKM, secara nasional di tahun 2021 sebanyak 2907 produk UMKM yang dipasarkan melalui lelang dari 199 pelaku UMKM. Sedangkan di tahun 2022 terjadi peningkatan yang sangat signifikan yakni sebanyak 7121 produk UMKM yang dipasarkan melalui lelang dari 555 pelaku UMKM.

KEDAI Lelang UMKM efektif dalam mendongkrak keberhasilan UMKM melelang barangnya. Sampai saat ini tidak kurang dari 754 Pelaku UMKM telah dirangkul dalam kegiatan ini dan sebanyak 10.028 lot barang telah ditawarkan melalui KEDAI Lelang UMKM. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong UMKM naik kelas serta memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini